20 Manfaat Buah Kasturi : Kandungan dan Efek Samping Buah Kasturi

By On Jumat, Februari 22nd, 2019 Categories : Buah-Buahan

Manfaat Buah Kasturi Kandungan dan Efek Samping Buah Kasturi – Buah Kasturi adalah buah khas tropis yang berasal dari Kalimantan, sehingga membuat banyak orang menyebutnya sebagai Mangga Kalimantan.

Tanaman Kasturi memiliki nama dalam ilmu sains atau Bahasa Latin Mangifera Casturi. Buah Kasturi awalnya bersifat endemik atau hanya ada di dalam hutan sekitar Banjarmasin di Kalimantan saja, namun, karena banyaknya kasus penebangan hutan yang marak terjadi di Kalimantan, membuat tanaman kasturi ini mulai sulit untuk dijumpai di Hutan Kalimantan.

Buah Kasturi sendiri merupakan tanaman yang masuk ke dalam daftar merah di IUCN (International Union for Conservation of Nature) sebagai tumbuhan yang punah (Extinct in the Wild).

Punah di sini mempunyai arti bahwa tanaman ini tak dapat dijumpai lagi di habitat aslinya yaitu Hutan Kalimantan dan hanya bisa dijumpai di perkebunan ataupun di kawasan konversi saja.

Meskipun memiliki buah berukuran yang termasuk kecil, tapi Buah Kasturi mempunyai aroma yang harum dengan rasa yang enak, sehingga membuatnya banyak disukai oleh masyarakat, khususnya dari masyarakat Kalimantan Selatan.

Manfaat Buah Kasturi

Selain rasa yang lezat, ternyata buah kasturi ini juga mempunyai banyak manfaat yang baik untuk tubuh sebagai berikut.

1). Kaya Akan Vitamin

Buah Kasturi memiliki memiliki kandungan yang sama dengan manfaat manga. Sama halnya Manfaat Buncis dalam buah kasturi juga terdapat berbagai jenis vitamin yang baik untuk tubuh seperti Vitamin C, Vitamin A dan juga Vitamin E.

Vitamin C sendiri baik untuk membantu menjaga kesehatan tubuh sehingga tidak mudah terkena berbagai macam penyakit dan juga dapat menghindarkan dari sariawan. Sedangkan Vitamin A baik untuk kesehatan mata dan Vitamin E baik untuk menjaga kesehatan kulit.

Selain itu, Vitamin C dan juga Vitamin A merupakan suatu sumber kalium yang bisa membantu menjaga tekanan darah, kontraksi dari otot dan juga menjaga proses organ tubuh agar dapat berfungsi dengan baik dan optimal.

2). Menjaga Kesehatan Kulit

Buah Kasturi mempunyai manfaat untuk dapat membantu menyehatkan kulit karena kaya akan kandungan anti-oksidan yang berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas yang diakibatkan oleh udara yang sudah tercemar dengan polusi.

Selain itu juga, AHA (Alpha Hydroxyl Acid) yang banyak terdapat pada kulit buah kasturi bisa untuk membantu peremajaan kulit dan juga mempercepat pengelupasan sel-sel di kulit yang sudah mati.

Beberapa manfaat lainnya yang mampu mengatasi masalah kulit :

3). Mencegah Kanker

Buah Kasturi termasuk ke dalam salah satu jenis manga dan sama seperti jenis manga yang lainnya, buah kasturi juga mengandung berbagai macam komponen yang bisa mencegah kanker.

Selain anti-oksidan, senyawa penting lain yang bisa berfungsi sebagai pencegah kanker adalah astragalin, asam galat, metilgallat dan juga kuersentin.

4). Aman Untuk Hipertensi

Seperti Manfaat Lobak ternyata Buah Kasturi ini memiliki banyak kandungan mineral seperti zat besi, kalium, magnesium, fosfor, potassium, seng, tembaga, mangan dan juga selenium.

Meskipun jenisnya ada bermacam-macam dan banyak, mineral tersebut masih dalam jumlah yang lebih sedikit bila dibandingkan dengan kadar vitamin yang ada.

Namun, salah satu keunggulan buah kasturi adalah dari rasio antara kalium dan natrium yang masih dalam jumlah yang jauh lebih sedikit. Maka dari itu, buah kasturi sangat aman dikonsumsi oleh para penderita tekanan darah tinggi/hipertensi.

5). Sumber Energi

Daging dari buah kasturi mengandung manfaat karbohidrat dalam bentuk selulosa, pati dan juga gula sederhana yang berupa glukosa dan fruktosa.

Gula yang terdapat pada buah kasturi selain berfungsi sebagai pemberi rasa manis, juga berfungsi untuk seumber energy yang bisa langsung dimanfaatkan oleh tubuh.

6). Melindungi Saluran Pencernaan

Kandungan serat alami yang terdapat pada buah kasturi membuat buah ini bisa bermanfaat untuk melindungi saluran pencernaan dalam tubuh. Kandungan serat tinggi juga terdapat dalam Manfaat Daun Singkong.

7). Meningkatkan Selera Makan

Rasa asam yang terdapat pada buah kasturi yang dihasilkan dari beberapa asam yang ada di dalamnya khususnya asam sitrat. Kandungan asam pada buah kasturi sekitar 0,31% sampai dengan 0,71%.

Selain rasa asam pada buah kasturi, ada juga rasa manis yang saling melengkapi dan menciptakan kombinasi yang bisa merangsang selera mangkat semakin meningkat.

Kandungan Buah Kasturi

Manfaat buah kasturi di atas tak akan bisa terwujud tanpa adanya berbagai macam kandungan nutrisi dan zat gizi yang ada dalam buah kasturi. Inilah kandungan dari buah kasturi:

  1. Sukrosa sebesar 7,93% yang mampu memberikan rasa manis pada buah kasturi sehingga bisa digunakan untuk pemberi rasa manis pada makanan seperti kue misalnya.
  2. Lemak yang sangat rendah karena hanya berjumlah sekitar 0,44%.
  3. Protein yang terkandung lumayan tinggi, yaitu 1,20%.
  4. Vtamin A dalam jumlah yang banyak sekitar 6069,29 IU.
  5. Vitamin C sebesar 81,40%.
  6. Kadar air yang tinggi sebesar 81,40%.
  7. Sejumlah kecil dari Vitamin E dan mineral lain seperti zat besi.

Efek Samping Buah Kasturi

Selain bermanfaat dan memiliki kandungan dari berbagai macam zat dan nutrisi di dalamnya, ternyata buah kasturi juga mempunyai efek samping bagi tubuh. Inilah efek samping dari buah kasturi:

  1. Iritasi

Seperti buah mangga pada umumnya, buah kasturi juga mempunyai getah yang akan merembes keluar dari buah yang sudah matang.

Getah ini adalah suatu iritan yang kuat dan bisa menyebabkan iritasi di tenggorokan. Selain itu, seseorang juga tak boleh meminum air dingin karena akan menyebabkan kagulasi getah yang akan memperparah iritasi.

  1. Naik Berat Badan

Mengkonsumsi buah kasturi terlalu banyak bisa mencegah penurunan kalori karena kandungan kalori yang cukup tinggi dalam buah kasturi, sehingga akan menghambat upaya menurunkan berat badan.

  1. Mulut Mangga

Beberapa orang mungkin menderita suatu kondisi yang sering disebut sebagai “mulut mangga”. Gejala dari kondisi ini termasuk dari gatal, bengkak dan lepuh disekitar mulut, bibir dan juga ujung dari lidah.

Biasanya, gekala ini terjadi pada orang yang mempunyai alergi memakan mangga yang mentah,

  1. Tidak Baik Untuk Penderita Arthritis

Untuk orang yang menderita penyakit seperti arthritis, sinusitis dan lain-lain, harus benar-benar menjafi konsumsi buah kasturi seminimal mungkin, karena konsumsi mangga yang mentah, matan dana tau dijus bisa menyebabkan kejengkelan.

  1. Reaksi Alergi

Ada beberapa alergi yang berhubungan dengan makan mangga pada individu yang alergi terhadap buah. Gejalanya bisa berupa mata yang berair, pilek, masalah pernafasan, sakit perut, bersin bahkan yang paling parah adalah syok dalam kasus yang ekstrim. bukan hanya buah kasturi ternyata Efek Samping Daun Salam memiliki hal yang sama yaitu alergi.

  1. Mengalami Karsinogenik

Saat seseorang mengkonsumsi mangga yang terlalu berlebihan dapat menyebabkan suatu kondisi yang dinamakan karsinogenik.

Hal ini disebabkan karena beberapa pedagang buah kasturi sering menggunakan kalsium karbida yang bisa membuat buah kasturi menjadi matang lebih cepat daripada seharusnya. Zat ini bisa membuat seseorang mengalami kanker.

Jadi, sangat jelas bahwa meskipun buah kasturi mempunyai banyak manfaat dan nutrisi yang luar biasa, tapi seseorang harus tetao berhati-hati saat hendak mengkonsumsinya. Seperti, tidak boleh konsumsi yang terlalu banyak ataupun dalam keadaan mentah.

20 Manfaat Buah Kasturi : Kandungan dan Efek Samping Buah Kasturi | 1001manfaat | 4.5