30 Manfaat Buah Kelengkeng : Kandungan dan Efek Samping Kelengkeng

By On Kamis, Februari 28th, 2019 Categories : Buah-Buahan

Manfaat Buah Kelengkeng : Kandungan dan Efek Samping Kelengkeng – Buah Kelengkeng memang memiliki ukuran yang kecil, tetapi ternyata mempunyai banyak sekali manfaat yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh.

Selain itu, si kecil nan imut ini juga banyak disukai karena memang mempunyai rasa yang manis dan begitu nikmat.

Buah Kelengkeng sering disebut sebagai saudara jauh dari buah leci karena dari bentuk, rasa dan juga ukurannya begitu mirip satu sama lain.

Tapi, walaupun begitu, ternyata ada juga efek samping dari buah kelengkeng untuk tubuh. Simak penjelesannya.

Manfaat Buah Kelengkeng

  1. Obat Penenang

Dalam buah kelengkeng terdapat fuktosa yang merupakan kadar gula dalam buah. Gula ini baik bagi tubuh karena berfungsi untuk menjaga kadar gula dalam darah.

Selain itu, ada juga glukosa yang termasuk gula yang tidak baik. Kombinasi senyawa-senyawa fitokimia tersebut menghasilkan berbagai macam khasiat, diantaranya adalah mengendurkan syaraf.

Buah kelengkeng memberikan rasa tenang, berkhasiat untuk mengatasi rasa gelisah, susah untuk tidur dan juga sulit berkonsentrasi.

Maka dari itu, jika rasa gelisah mulai menyerang Anda tanpa sebab, hindari obat penenang karena banyak mengkonsumsi obat kimia tidak baik untuk tubuh. Makanlah kelengkeng yang lebih alami.

  1. Kecantikan

Buah kelengkeng juga bermanfaat untuk kecantikan, dikarenakan kandungan agen antioksidan di dalamnya. Kandungan ini mampu menangkal radikal bebas sehingga membuat kesehatan kulit Anda akan senantiasa terjaga.

  1. Kaya Vitamin C

Buah kelengkeng sendiri mengandung Vitamin C sebanyak 84 miligram per 3,5 ons. Di mana jumlah ini mampu memenuhi 93% kebutuhan asupan Vitamin C harian bagi pria dewasa dan juga lebih dari 100% kebutuhan harian dari wanita dewasa.

Manfaat lainnya yang juga memiliki kandungan Vitamin C yang tinggi, antara lain :

  1. Memperkuat Tulang

Orang dewasa agar terhindar dari risiko terkena osteoporosis disarankan untuk memenuhi asupan akan kebutuhan tembaga sebanyak sekitar 900 mikrogram setiap harinya.

Maka dari itu, orang dewasa disarankan untuk memakan buah kelengkeng segar dan matang sekitar 3,5 ons per hari yang mengadung sekitar 807 mikrogram mineral.

Dengan kata lain, mengkonsumsi buah kelengkeng mampu memenuhi kebutuhan tembaga hingga hampir 90% dari angka kecukupan gizi per hari yang disarankan.

  1. Membantu Program Diet

Buah kelengkeng sama seperti Manfaat Jeruk Nipis yang sama-sama memiliki kandungan lemak dan protein yang relatif rendah, maka dari itu, buah kelengkeng bisa dijadikan sebagai menu makanan diet.

Setengah cangkir dari kelengkeh hanya mengandung sekitar 35 kalori sehingga direkomendasikan bagi Anda yang sedang menjalani program diet yang rendah kalori.

  1. Menyembuhkan Luka

Manfaat buah kelengkeng yang lain adalah bisa membantu menyembuhkan luka dengan cepat. Hal ini dimungkinkan karena buah kelengkeng mengandung polifenol yang dapat membantu menangkal serangan radikal bebas yang ada di dalam tubuh dan juga mampu mencegah kerusakan sel-sel yang ada di dalam tubuh.

  1. Sumber Energi

Walaupun sudah disebutkan bahwa kelengkeng mempunyai kandungan lemak dan kalori yang cukup rendah, ternyata kelengkeng banyak mengandung karbohidrat kompleks.

Hal ini bisa membuat tubuh terpenuhi asupan karbohidratnya sehingga bisa untuk meningkatkan stamina.

Kandungan Buah Kelengkeng

Inilah kandungan lengkap dari buah kelengkeng per 100 gram-nya:

  1. Kalori 60 kcal
  2. 15 grams karbohidrat
  3. 3 grams protein
  4. 1 gram serat
  5. 83 grams air
  6. Vitamin B1 (Thiamine) 0,031 mg
  7. Vitamin B2 (riboflavin) 0,14 mg
  8. Vitamin B3 (Niasin) 0,3 mg
  9. Vitamin C 84 mg
  10. Kalsium 1 mg
  11. Besi 0,13 mg
  12. Mangan 0,05 mg
  13. Magnesium 10 mg
  14. Fosfor 21 mg
  15. Kalium 266 mg
  16. Seng 0,05 mg

Efek Samping Buah Kelengkeng

Bahaya buah kelengkeng ini adalah dampak buruk yang bisa dialami oleh anak-anak maupun orang dewasa selama belum memahami cara mengkonsumsi kelengkeng yang benar.

  1. Meningkatkan Kadar Gula

Kandungan zat fruktosa yang cukup kuat di dalam buah kelengkeng bisa menyebabkan tubuh mengalami kesulitan dalam memproses pemecahan lemak dan juga asam urat, sehingga bisa memicu tingginya kadar gula dalam darag.

Kondisi ini sangat mudah sekali terjadi kepada seseorang yang mempunyai riwayat diabetes, walaupun tak menutup kemungkinan bisa menyerang juga pada seseorang yang tak memiliki keturunan diabetes, apabila mengkonsumsi kelengkeng secara berlebihan dan diluar batas.

  1. Kegemukan

Karbohidrat di dalam buah kelengkeng dapat membentuk jumlah gula menjadi meningkat dan merubahnya menjadi lemak. Jika memakan buah kelengkeng secara berlebihan dan dalam jangka yang panjang, maka anak-anak maupun orang dewasa bisa mengalami peningkatan berat badan atau kegemukan.

  1. Nafsu Makan Berkurang

Kelengkeng mengandung zat kalium dan juga karbohidrat yang tinggi, di mana jika dikonsumsi berlebihan dan setiap hari akan mengakibatkan kehilangan nafsu makan.

Buah kelengkeng mempunyai efek mengenyangkan dan ketagihan yang bisa berpotensi menyebabkan seseorang tak mau lagi memakan nasi setelah makan buah kelengkeng.

  1. Keracunan

Memakan buah kelengkeng dalam porsi yang banyak dan berlebihan sebelum sarapan pagi bisa menyebabkan keracunan. Gejala awalnya berupa mual-mual, sakit perut, muntah-muntah dan juga sakit kepala.

  1. Menganggu Hormon Pria

Bahaya ini dapat disebabkan dikarenakan tumbuhan kelengkeng sendiri rajin disemprot menggunakan pestisida berjenis antiandrogenetif ketika belum waktunya untuk memanen buahnya.

Maka dari itu, ketika dipetik pestisida tersebut akan meninggalkan suatu jejak pada permukaan kulit kelengkeng dan bahkan mampu tembus ke dalam daging kelengkeng.

Jika para pria membuka kulit kelengkeng dengan mulut dan bukan jari ketika ingin mengkonsumsi buah kelengkeng maka bisa menyebabkan efek buruk pestisida yang masuk ke dalam rongga mulut dan akan menyebabkan demaskulinisasi, yaitu perubahan hormon yang bisa menyebabkan seorang pria menjadi terlihat lebih feminism dan memperkecil bentuk dan juga fisik dari alat kelaminnya.

  1. Menghambat Proses Kelahiran

Bagi ibu hamil yang memakan buah kelengkeng secara berlebihan di usia kehamilan sekitar 7 sampai 9 bulan secara terus menerus bisa menghambat prosese kelahirannya menjadi lebih sulit, dikarenakan buah kelengkeng bersifat panas dan juga menekan rahim serta posisi bayi menjadi lebih aktif untuk melakukan suatu pergerakan. untuk dapat memperlancar proses kehamilan anda bis amembaca artikel Manfaat Buah Kiwi.

  1. Gangguan Pencernaan

Jika seseorang yang mempunyai gangguan asam lambung maka dianjurkan untuk memakan buah kelengkeng sedikit saja untuk mencegah asam lambungnya tak meningkat secara mendadak dan akan membuat iritasi di dinding lambung, serta menekan jaringan organ usus.

Jika hal ini terjadi maka penyakiy gangguan pencernaan tak akan bisa dihindari karena efek panas pada kelengkeng bisa memancing rasa sakit perut serta diare.

Siapa yang sangka bahwa buah kecil nan imut seperti kelengkeng mempunyai banyak sekali manfaat dan juga efek samping di saat yang sama.

Dibalik rasa manis dan lezatnya menyimpan banyak sekali bahaya jika seseorang tak berhati-hati dalam mengkonsumsinya.

Intinya adalah hindari makan kelengkeng berlebihan dan jangan buah kelengkeng yang berkulit untuk dicuci terlebih dahulu dengan air bersih agar efek buruk dari pestisida yang masih melekat pada kulit kelengkeng dan telah tercampur dengan radikal bebas bisa dihindari.

Untuk mengatasi gangguan pencernaan anda bisa membaca artikel berikut ini :

30 Manfaat Buah Kelengkeng : Kandungan dan Efek Samping Kelengkeng | 1001manfaat | 4.5