9 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Buah Kersen

By On Minggu, Desember 23rd, 2018 Categories : Buah-Buahan

Manfaat Buah Kersen : Kandungan dan Efek Samping Buah Kersen – Untuk beberapa orang di Indonesia mungkin tak lagi asing dengan buah yang satu ini.

Buah kersen atau sering juga disebut sebagai talok, keres, kersem ataupun baleci ini sangat mudah sekali ditemui, karena buah kersen adalah termasuk golongan tumbuhan liar yang cukup cepat tumbuh dan bisa mempunyai tinggi hingga sekitar 5-10 meter.

Pohon dari kersen sendiri terkenal cukup teduh, dengan daun yang mempunyai bulu lengket, serta buah-buah yang berbentuk bulat kecil-kecil dan juga memiliki rasa yang manis di mulut.

Manfaat Buah Kersen

Walupun termasuk tanaman liar dan juga seringkali dipetik untuk dimakan sembarang orang, tak banyak orang yang tahu kalau ternyata buah kersen ini menyimpan cukup banyak manfaat yang baik bagi kesehatan maupun kecantikan tubuh.

Bahkan, buah mungil nan imut yang mempunyai nama ilmiah Muntingia Calabura, yang biasanya dimakan karena alasan iseng, ternyata juga mampu melawan penyakit tertentu. Berikut adalah beberapa manfaat buah kersen:

1. Mata Sehat

Seperti Manfaat Sawi ternyata Buah kersen juga kaya akan Vitamin A dan betakaroten yang cukup tinggi di dalamnya, sehingga membuat buah kersen menjadi asupan yang dibutuhkan untuk menjaga retina mata agar tetap sehat, serta menjaga dan juga melindungi daya penglihatan mata.

2. Mengurangi Asam Urat

Para penderita asam urat sering sekali mengalami suatu rasa nyeri yang menyiksa. Buah kersen sendiri terbukti bisa mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat sama halnya seperti Manfaat Buah Kesemek.

Selain buahnya, daun dari buah kersen juga bisa digunakan. Caranya adalah rebus daun kersen bersama air untuk beberapa menit, setelah itu dinginkan lalu saring airnya, kemudina minum secara rutin setiap harinya. Dengan cara ini, niscaya asam urat bisa kembali normal seperti dulu kala.

3. Menurunkan Berat Badan

Hal ini bisa terjadi karena buah kersen mengandung karbohidrat yang dengan dosis cuckup, sehingga bisa menahan rasa lapar lebih lama. Buah kersen cocok untuk kamu jadikan sebagai camilan yang sehat setiap harinya.

4. Menghilangkan Jerawat

Caranya adalah dengan mengaplikasikan buah kersen sebagai masker. Pertama, haluskan buah kersen, lalu oleskan pada bagian kulit wajah yang berjerawat.

Selain cara ini, kamu juga bisa langsung mengaplikasikannya dengan memencet buah kersen, lalu gunakan bagian biji dan juga air di dalamnya untuk dioleskan pada kulit wajah yang berjerawat. Lakukan perawatan ini dengan rutin setiap sebelum tidur di malam hari.

5. Pencegah Tumor dan Kanker

Buah kersen mengandung antioksidan yang berguna untuk meningkatkan imunitas tubuh, sehingga bisa melawan radikal bebas yang menyebabkan tumor dan juga kanker. Antioksidan ini berasal dari Vitamin A, Vitamin C dan betakaroten di dalam buah kersen itu.

Selain itu, kandungan flavonoid di daun buah kersen diketahui dapat menghambat pertumbuhan sel-sel kanker. Maka dari itu, mengkonsumsinya secara teratur akan sangat efektif dalam menghambat pertumbuhan dari sel kanker di dalam tubuh.

6. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Buah kersen di dalamnya terdapat kandungan bernama kalium yang bisa mengontrol dan juga menstabilkan tekanan darah. Dengan kembali normalnya tekanan dari darah, maka buah kersen bisa menurunkan risiko terkenda stroke yang diakibatkan oleh tekanan darah yang terlalu tinggi.

7. Jantung Sehat

Ekstrak dari daun kersen juga diketahui dapat melindungi miokardium. Miokardium adalah suatu lapisan otot jantung yang mempunyai tugas untuk memompa jantung dan juga memasok darah ke seluruh tubuh.

Konsumsi yang teratru dari daun kersen bisa berdampak pada penurunan yang cukup signifikan dalam pembatasan kebocoran emzim dari miokardium, sehingga dapat dimungkinan membuat jantung lebih sehat.

8. Mengobati Diabetes

Buah kersen sangat cocok sekali dikonsumsi bagi penderita diabetes. Senyawa kimia dalam daun kersen ternyata efektif untuk mengontrol insulin dalam tubuh, sehingga metabolism gula bisa berjalan dengan baik.

Cara membuat ramuan mujarab ini adalah dengan merebus sekitar 50-100 gram daun kersen bersama dengan satu liter air yang nantinya direbus hingga tersisa setengah liter saja. Minumlah ramuan ini rutin setiap pagi dan juga malam hari.

9. Bersifat Antibakteri

Maksudnya adalah membuat tubuh menjadi lebih kuat dari serangan-serangan berbagai maca bakteri jahat yang menyebabkan penyakit.

Senyawa antibakteri dalam buah kersen mampu untuk melawan bakteri penyebab penyakit sepsis, staph, difteri dan juga infeksi uksus.

Kandungan Buah Kersen

Seorang peneliti bernama Julia F. Morton mengatakan dalam buku yang ditulisnya yang berjudul “Fruits of Warm Climates” bahwa kandungan senyawa yang dimiliki oleh buah kersen begitu penting dan juga sangat baik untuk kesehatan tubuh.

Kandungan kimia dalam buah kersen antara lain adalah Vitamin, Serat, Karbohidrat, Lemak, Betakaroten, Fosfot, Protein, Kalsium, Zat Besi, Niacin, Riboflavin, Thianin dan masih banyak lagi. Luar biasa.

Efek Samping Buah Kersen

Tanaman kersen memang mempunyai beerbagai manfaat baik dari buahnya sendiri ataupun dari daunnya. Namun, ketika dikonsumsi secara berlebihan, buah kersen akan mempunyai beberapa efek samping tertentu yang cukup buruk untuk kesehatan tubuh. Efek sampingnya adalah sebagai berikut:

1. Sakit Perut

Salah satu efek samping yang timbul yang dikarenakan mengkonsumsi buah kersen secara berlebihan adalah munculnya sakit perut yang akan Anda alami. Anda perlu berhati-hati karena jenis sakit perut sangatlah banyak, maka pengobatan pun akan tergantung dengan penyakit yang dialami.

2. Mual dan Muntah

Tak hanya sakit perut, buah kersen juga akan menimbulkan rasa mual-mual hingga muntah jika dikonsumsi secara berlebihan. Maka dari itu, penting untuk Anda mempelajari berapa banyak buah kersen yang dapat dikonsumsi.

3. Alergi

Hal ini disebabkan karena ketika Anda mengkonsumsi buah kersen tersebut, Anda tidak atau belum benar-benar mencucinya dengan bersih, sehingga menyebabkan bakteri yang terdapat dalam buah kersen ikut dikonsumsi lalu akan menyebabkan alergi.

4. Masalah Pada Liver

Bagi yang memiliki masalah pada liver-nya, harus waspada dan menjauhi buah kersen untuk tidak dikonsumsi. Hal ini dikarenakan memakan buah kersen akan menyebabkan masalah liver yang memburuk atau menyebabkan proses penyembuhan pada penyakit liver akan menjadi lebih lambat.

5. Masalah Ginjal

Efek samping buah kersen yang terakhir adalah jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat menyebabkan suatu masalah pada ginjal.

Jika Anda mengalami masalah pada ginjal dan mulai menunjukkan tanda-tanga ginjal yang akut maka segeralah periksakan diri Anda ke dokter dan jauhi buah kersen atau bisa memanfaatkan Daun Salam. (Baca Juga : Manfaat Daun Salam)

Itulah berbagai macam pembahasan tentang tanaman liar kecil nan imut ini. Siapa sangka ternyata buah yang banyak tumbuh liar dimanapun ini mempunyai kandungan dan juga manfaat yang cukup luar biasa bagi tubuh.

Yang perlu dicatata adalah jika Anda menjadikan ini sebagai buah favorit maka kendalikan jumlah konsumsi buah kersen Anda agar tak terjadi hal-hal buruk yang tidak diinginkan pada tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat.

9 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Buah Kersen | 1001manfaat | 4.5