9 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Kita (Terbukti)

By On Selasa, Desember 11th, 2018 Categories : Buah-Buahan

Manfaat Buah Kesemek : Kandungan dan Efek Samping Buah Kesemek – Buah kesemek atau dalam Bahasa Inggris disebut dengan persimmon, yang memiliki bentuk mirip dengan tomat dan juga mempunyai rasa yang kadang mirip dengan buah papaya ini ternyata memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Buah Kesemek yang mempunyai rasa manis ini biasanya dapat dimakan begitu saja setelah dikupas di saat buah sudah matang. Selain itu, untuk varian kesemek yang kering biasanya bisa untuk dimakan sebagai camilan atau juga sebagai makanan penutup.

Manfaat buah kesemek berasal dari kandungan berbagai macam zat gizi dan nutrisi di dalamnya yang berperan cukup penting di dunia kesehatan. Kandungan dalam buah kesemek seperti Vitamin B6, Vitamin C, Serat, Mineral dan tentu saja kandungan air yang cukup tinggi.

Tapi, walaupun buah kesemek mempunyai banyak manfaat untuk tubuh, tapi buah ini juga memiliki beberapa efek samping yang merugikan tubuh.

Kandungan Buah Kesemek

Manfaat-manfaat di atas tak akan terjadi tanpa adanya kandungan berbagai macam zat yang ada di dalam buah kesemek itu sendiri. Berikut adalah daftar lengkap berbagai macam kandungan zat dalam buah kesemek:

  • Energi 70 Kcal
  • Karbohidrat 18.59 gram
  • Gula 12,53 gram
  • Serat makanan 3,6 gram
  • Lemak 0,19 gram
  • Protein 0.58 gram
  • Vitamin A 81 ug
  • Beta Karoten 253 ug
  • Lutein Zeaxanthin 834 ug
  • Vitamin B1 0,03 mg
  • Vitamin B2 0,02 mg
  • Vitamin B3 0,1 mg
  • Folat 8 ug
  • Vitamin B6 0,1 mg
  • Vitamin K 2,6 ug
  • Vitamin C 7,5 mg
  • Kolin 7,6 mg
  • Kalsium 8 mg
  • Magnesium 9 mg
  • Zat besi 0,15 mg
  • Fosfor 17 mg
  • Kalium 161 mg
  • Sodium 1 mg
  • Manggan 0.355 mg
  • Seng 0,11 mg

Manfaat Buah Kesemek

1. Meningkatkan Sistem Imun Tubuh

Buah kesemek adalah buah yang kaya akan kandungan asam askorbat yang dapat membuat tubuh kebal terhadap virus dan juga bakteri yang jahat. Asam askorbat ini akan meningkatkan sel darah putih dalam tubuh yang berfungsi untuk membantu menjaga sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

2. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Tidak hanya meningkatkan sistem imun tubuh, tapi buah kesemek juga bisa membantu meningkatkan metabolisme dalam tubuh karena kandungan vitamin B kompleks-nya. Kandungan ini mampu membantu suatu proses yang dinamakan proses enzimatik, yaitu suatu proses untuk meningkatkan metabolism dalam tubuh sehingga tubuh akan menjadi lebih sehat.

3. Sakit Perut

Jika Anda sering mengalami sakit perut, maka manfaatkanlah buah kesemek untuk membantu proses penyembuhannya. Caranya cukup mudah, yaitu kupas satu buah kesemek segar, setelah itu Anda hanya perlu memakannya. Semudah itu. Mengkonsumsi buah kesemek segar diyakini dapat meredakan sakit perut seperti nyeri atau rasa panas dan juga gangguan perut yang lainnya.

4. Asma dan Batuk Berdahak

Untuk membantu mengatasi penyakit asma dan batuk, Anda bisa menyiapkan dua potong buah kesemek kering, setelah itu tambahkan sedikit air lalu kukus hingga buah kesemek tersebut matang. Langkah terakhir adalah Anda perlu menghaluskan dan menambahkan satu atau dua sendok madu kedalamnya. Disarankan untuk mengkonsumsinya dua kali dalam sehari untuk efek yang maksimal.

5. Diare dan Disentri

Cukup siapkan dua potong buah kesemek yang terlebih dahulu dikeringkan, rebus menjadi bentuk bubur dengan memasukkan campuran beras ketan dan juga irisan jeruk sebanyak dua potong.

Setelah itu, aduk dan jika sudah tercampur rata, maka konsumsilah secara rutin untuk mengobati diare atau disentri secara perlahan. bukan hanya buah kesemek yang bisa mengatasi diare ternyata Manfaat Daun Singkong Juga ampuh dalam mengatasi Diare.

6. Melindungi Retina Mata

Buah kesemek mempunyai kandungan bernama Lutein Zeaxanthin di mana kandungan ini adalah merupakan antioksidan yang umumnya terdapat di dalam karotenoid alami. Berdasarkan penelitian, Lutein Zeaxanthin ini berfungsi untuk menjaga dan meningkatkan organ penglihatan secara efektif.

Hal ini bisa melindungi retina dan lensa mata ataupun mencegah kondisi yang berhubungan dengan penyakit degeneratif seperti contohnya degenerasi makula dan katarak, serta penyakit mata lainnya.

7. Meningkatkan Pencernaan

Tidak hanya untuk sakit perut dan disentri, tapi untuk Anda yang memiliki masalah dengan pencernaanya, bisa memanfaatkan buah kesemek untuk memperbaikinya. Buah kesemek sangat bermanfaat dan baik untuk sistem pencernaan karena kaya dengan kandungan serat. Cukup konsumsi secara rutin setiap hari agar sistem pencernaan membaik dan terjaga kesehatannya.

8. Kesehatan Jantung

Bukan hanya Manfaat Buah Kersen ternyata Di dalam kesemek juga terdapat kandungan kalium yang dapat membantu mengatur tekanan darah yang optimal dengan cara ikut berperan aktif dalam proses pelebaran pembuluh darah dan juga relaksasi otot-otot dalam tubuh.

9. Mencegah Penuaan Dini

Tidak hanya kosmetik saja yang bisa mencegah penuaan dini, tapi buah kesemek juga bisa melakukannya karena kaya akan kandungan Vitamin C Seperti Manfaat Sawi yang merupakan anti-oksidan yang sangat efektif jika berbicara tentang perawatan kulit.

Efek Samping Buah Kesemek

Seperti yang sudah disinggung di paragraf awal, selain memiliki manfaat, buah kesemek juga memiliki efek samping bagi kesehatan tubuh, sehingga membuat Anda harus berhati-hati walaupun buah kesemek memiliki banyak sekali manfaat untuk tubuh.

1. Kandungan Tanin Yang Tinggi

Tanin adalah suatu senyawa polifenol yang berasal dari tumbuhan dan bisa memberikan efek rasa pahit, sepat dan juga kelat. Namun, kandungan ini juga bisa membuat protein menggumpal dalam tubuh.

Akibatnya akan menyebabkan suatu kejadian bernama efek anti-nutrisi yang bisa berubah menjadi racun untuk tubuh. Kandungan ini biasanya ada di buah kesemek yang mentah, jadi sebisa mungkin hindari untuk memakan kesemek yang mentah.

2. Diare

Walaupun di atas disebutkan bahwa kesemek sangat baik untuk pencernaan, tapi memakan buah kesemek dalam keadaan perut yang kosong dan juga berlebih dapat mengakibatkan sakit diare. Meskipun kesemek buah alami, tetap saja harus dikonsumsi dalam jumlah yang terbatas dan sewajarnya.

3. Gula

Buah kesemek yang sudah matang mempunyai kandungan gula yang cukup tinggi. Maka dari itu, disarankan untuk pasien yang menderita penyakit diabetes diharuskan untuk membatasi buah kesemek karena dapat meningkatkan kadar glukosa dalam darah atau gula darah tinggi.

4. Tekanan Darah Turun

Efek samping buah kesemek yang lain adalah bisa menyebabkan penurunan dari tekanan darah secara signifikan. Hal ini memang dianjurkan bagi para penderita hipertensi atau tekanan darah tinggi, tetapi jika dikonsumsi secara berlebih bisa membuat terjadi peningkatan risiko hipotensi yang tentu saja akan membahayakan bagi kesehatan, terutama pada tekanan darah.

Demikianlah informasi tentang Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Kesemek untuk kesehatan tubuh. Yang perlu diingat adalah, walaupun memiliki banyak manfaat yang sangat berguna bagi tubuh, tapi Anda tetap perlu berhati-hati dalam mengkonsumsi buah kesemek jika Anda mempunyai penyakit tertentu karena akan berpotensi membahayakan bagi kesehatan.

Bahkan dianjurkan untuk konsultasi kepada dokter untuk efek samping buah kesemek bagi tubuh Anda dan ikuti anjurannya. Semoga informasi di atas bermanfaat. Terimakasih.

9 Manfaat Buah Kesemek Bagi Kesehatan Kita (Terbukti) | 1001manfaat | 4.5