22 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Buncis

By On Selasa, Januari 22nd, 2019 Categories : Sayuran

Manfaat Buncis : Kandungan dan Efek Samping Buncis – Buncis merupakan jenis sayuran berbiji, bentuknya serupa dengan kacang panjang namun untuk segi ukurannya berbeda.

Buncis lebih pendek dan kacang panjang lebih panjang, warnanya pun agak lebih hijau cerah. Bagi orang Indonesia, sayuran satu ini tentu sudah tak asing lagi.

Buncis biasa dijadikan olahan masakan seperti tumis. Namun tak hanya sekedar dikonsumsi, ada juga manfaat, kandungan dan efek samping buncis.

Untuk lebih lengkapnya lagi, kami berikan informasi mengenai buncis dari segi manfaat, kandungan dan efek sampingnya berikut ini.

Kandungan Buncis

Pertama-tama, mari kita kenali buncis dari segi kandungannya. Dalam 100 gram buncis, Anda bisa mendapatkan beberapa kandungan berikut ini:

  1. Kalori: 36 kkal
  2. Protein: 2,4 gram
  3. Lemak: 0,2 gram
  4. Kaebohidrat: 65 gram
  5. Kalsium: 65 miligram
  6. Fosfor: 44 miligram
  7. Zat besi: 1 miligram
  8. Vitamin A: 630 IU
  9. Vitamin B1: 0,08 miligram
  10. Vitamin C: 19 miligram

Informasi kandungan sumber gizi di atas berdasarkan data dari Kementrian Kesehatan RI.

Manfaat Buncis Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui apa saja kandungan yang terdapat di dalam buncis, selanjutnya Anda juga harus tahu apa saja sih manfaat buncis untuk kesehatan. Biarpun bentuknya kecil, bila Ada mengkonsumsi secara rutin Anda bisa mendapatkan beberapa manfaat buncis berikut ini:

1. Memberikan asupan nutrisi pada jantung dan menjaganya tetap sehat

Resiko serangan jantung bisa didapatkan siapa saja, bahkan secara mendadak dan bisa mengakibatkan kematian. Untuk mencegah hal tersebut, Anda bisa mengkonsumsi buncis. Serangan jantung juga bisa dikendalikan dengan mengkosumsi jengkol. (Baca Juga : Manfaat Jengkol)

Kandungan flavonoid atau anti-oksidan polifenol di dalam buncis cukup tinggi sehingga bisa menurunkan resiko serangan jantung. Anda bisa mengkonsumsi secara rutin namun tidak berlebihan, imbangi dengan makanan sehat lainnya.

2. Sukses diet dengan buncis

Anda yang sedang berdiet juga bisa coba mengkonsumsi buncis sebagai salah satu makanan pendamping diet. Di dalam buncis sudah disebutkan sebelumnya terdapat kandungan kalori, dan itu pun cukup rendah. Sehingga untuk Anda yang sedang diet tentu saja ini akan sangat membantu. Atau bila hanya ingin menjaga berat badan agar tetap stabil juga bisa kok!

3. Nutrisi mata secara alami

Vitamin A yang terkandung di dalam sayuran buncis tentu sangat membantu dalam menjaga kesehatan mata secara alami. Selain itu sifat anti-oksidan yang ada dalam buncis juga dapat melindungi mata terserang dari radiasi. Yuk, jaga kesehatan mata dengan konsumsi buncis!

Apabila mata anda terdapat Lingkaran Hitam & Bengkak pada Mata silahkan membaca Manfaat Mentimun.

4. Menjaga kandungan ibu hamil

Buncis juga bisa menjaga kandungan ibu hamil. Ini karena di dalamnya terdapat kandungan folat yang memang sangat dibutuhkan untuk menutrisi janin.

Kandungan ini dapat membantu tumbuh kembangnya janin, khususnya untuk organ jantung janin. Jadi, bagi Anda yang tengah dalam masa kehamilan, memasukan buncis sebagai salah satu menu makanan harian tidak ada salahnya bukan?

5. Menjaga kestabilan gula darah

Bagi Anda penderita diabetes, masalah gula darah tentunya menjadi hal yang sangat sensitif. Kalau kenaikannya terjadi secara mendadak itu akan sangat membahayakan.

Sehingga menjaga kestabilan gula darah agar tetap dalam keadaan normal harus bisa dilakukan.

Salah satu pengontrolannya bisa dengan cara menjaga asupan makanan dan memiliki makanan yang tidak memicu kenaikan gula darah. Nah, buncis adalah salah satu makanan yang dapat membantu.

6. Daya tahan tubuh semakin meningkat

Daya tahan tubuh manusia tentu berbeda-beda. Agar bisa semakin menguatkan nya Anda perlu mendukung dengan asupan menyehatkan seperti buncis.

Ini karena buncis memiliki kandungan vitamin yang cukup tinggi serta dibutuhkan tubuh. Adanya anti-oksidan juga sudah jelas mampu mencegah terjadi radikal bebas yang membahayakan untuk tubuh.

7. Cegah penuaan sejak dini dengan makanan sehat

Kalau usia sudah jelas semakin hari akan semakin bertambah dan menandakan bahwa manusia semakin tua. Namun bagaimana dengan penuaan dini?

Di mana usia masih muda namun kondisi tubuh masuk ke dalam kategori tua apalagi dari segi kesehatan. Nah, untuk mencegah hal tersebut cobalah konsumsi makanan sehat seperti buncis.

8. Pencernaan semakin sehat

Masalah pencernaan sangatlah mengganggu, apalagi kalau Anda terserang sembelit. Rasanya perut sangat tak enak dan mau melakukan apapun juga jadi terganggu.

Nah, buncis bisa mengatasi masalah tersebut karena mempunyai efek diuretik di mana kemampuannya untuk merangsang kotoran dalam tubuh sangatlah ampuh. Ingat, kalau kotoran dalam tubuh terus dibiarkan ini bisa sangat membahayakan ya!

9. Tulang semakin sehat

Sayuran buncis juga bisa Anda jadikan sebagai makanan sehat untuk penguat tulang. Ini karena kandungan mangannya mampu menyerap kalsium serta menjaga kepadatan dan kekuatan tulang kita.

Buncis juga mampu secara alami mencegah dan menurunkan resiko osteoporosis, asam urat serta peradangan pada bagian sendi.

10. Menghindari kanker secara alami

Kanker merupakan penyakit yang sudah menjadi momok menakutkan bagi seluruh lapisan masyarakat. Ini karena penyebarannya sangat cepat dan resiko kematian karenanya sangatlah besar.

Oleh sebab itulah, Anda harus bisa mencegah resiko kanker sejak dini. Konsumsilah buncis secara teratur untuk menghindarinya.

Efek Samping Buncis

Sayangnya biarpun memiliki kandungan manfaat, buncis juga memiliki efek samping bila dikonsumsi berlebihan. Beberapa efek samping tersebut harus Anda ketahui dan waspadai:

1. Kekurangan gizi

Loh, kok bisa kekurangan gizi padahal buncis memiliki kandungan gizi? Ya, ini karena di dalam buncis juga terdapat senyawa yang disebut asam filat. Zat yang bisa mengakibatkan kurangnya gizi bila Anda terlalu berlebihan mengkonsumi buncis.

Asam filat juga tak dapat diserap oleh tubuh, biarpun jumlah kandungannya rendah tetap saja Anda dapat kekurangan mineral bila terlalu berlebihan.

2. Terserang alergi

Tidak semua orang cocok dengan sayuran buncis, termasuk jenis sayuran lain juga. Ada saja orang yang bisa terkena alergi karena konsumsi buncis.

Bila Anda memiliki alergi tentu saja ini bisa jadi membahayakan bila terus dikonsumsi. Efek samping alergi juga sangat mengganggu, dari mulai demam hingga timbulnya bintil merah di sekujur tubuh. Anda bisa mengganti konsumsi buncis dengan sayuran lain yang menyehatkan dna tidak memicu alergi pada tubuh.

Sementara untuk cara mengkonsumsi, Anda bisa mengolah buncis dengan cara apapun. Mau dimasak dengan campuran rempah, dimakan mentah atau hanya sekedar dikukus juga tak masalah.

Baca Juga :

Yang terpenting adalah jangan lupa untuk mencuci buncis hingga bersih di bawah air mengalir untuk membersihkan bakteri serta ulat sayur yang biasa menempel. Hindari juga memasak terlalu matang karena bisa mengakibatkan kandungan dalam buncis semakin hilang.

Itulah manfaat, kandungan dan efek samping buncis yang penting Anda ketahui. Terlepas dari efek samping yang ditimbulkan, Anda tetap bisa dengan aman mengkonsumsi buncis asal masih dalam ukuran yang wajar, 100 gram sehari sudah cukup untuk memenuhi asupan gizi harian Anda.

22 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Buncis | 1001manfaat | 4.5