12 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Daun Mindi

By On Sabtu, Februari 16th, 2019 Categories : Herbal

Manfaat Daun Mindi : Kandungan dan Efek Samping Daun Mindi – Indonesia merupakan salah satu negara yang cukup banyak memanfaatkan dedaunan sebagai obat alami.

Ada banyak daun yang bisa digunakan untuk mengatasi berbagai macam penyakit tumbuh di Indonesia, seperti salah satunya daun mindi.

Daun yang berasal dari pohon mindi atau biasa disebut juga sebagai Renceh, Gringging  dan Cakrak-Cikrik.

Pohonnya memiliki banyak cabang dan batangnya berwarna kecoklatan agak tua. Lantas, adakah manfaat, kandungan dan efek samping daun mindi untuk kesehatan?

Tentu saja ada, untuk informasi lengkapnya berikut pembahasannya.

Kandungan Daun Mindi

Sebelum masuk ke dalam pembahasan apa manfaat daun mindi untuk kesehatan, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa sih yang terkandung dari daun mindi?

Ada beberapa kandungan yang nantinya bisa bermanfaat untuk tubuh. Kandungan bahan aktif daun mindi diantaranya:

  1. Quercitrin
  2. Kemferol
  3. Flavone Glicoside

Selain kandungan di atas juga daun mindi mengandung protein yang memiliki sifat insektisidal. Oh iya, sebenarnya tidak hanya pada daun nya saja, bagian batang dan kulit daun mindi pun terdapat kandungan alami nya. Hanya saja pembahasan artikel ini akan berfokus pada daun mindi.

Manfaat Daun Mindi Untuk Kesehatan

Setelah mengetahui kandungan daun mindi, selanjutnya Anda perlu mengetahui apa saja sih manfaat daun mindi untuk kesehatan?

  1. Mengatasi Diabetes

Diabetes adalah salah satu penyakit kronis yang bisa menyerang siapa saja, namun kebanyakan orang tua dan anak muda yang tak dapat menjaga kesehatan akibat gaya hidup yang buruk.

Penyakit ini berhubungan dengan tingginya kadar gula darah di dalam tubuh dan memicu resistensi insulin semakin buruk. Akibatnya gula darah semakin meningkat dan penderita harus bisa mengembalikan pada angka yang stabil.

Sementara untuk mengatasinya bisa dengan menyuntikan insulin dari luar tubuh, mengatur pola makan dan mengkonsumsi obat bahan alami seperti daun mindi.

Ya, daun mindi bisa mengatasi diabetes secara alami. Daun akan bekerja dengan cara menyeimbangkan gula darah secara perlahan.

Untuk cara mengkonsumsinya tidaklah sulit, Anda hanya tinggal menyiapkan 1 genggam daun mindi. Setelah itu, rebus menggunakan 2-3 liter air.

Bila sudah mendidih, ambilah airnya lalu sisihkan, tunggu hingga hangat dan minum. Rasanya akan agak pahit, namun untuk mengatasi diabetes secara alami Anda harus bisa menahannya ya.

Oh iya, pengobatan ini tak dapat berjalan dengan instan, Anda harus melakukannya secara rutin agar bisa memberikan hasil yang maksimal.

Artikel lainnya yang mampu mengatasi Diabetes:

  1. Mengatasi Masalah Cacing Kermi Pada Pencernaan

Di dalam daun mindi terdapat sebuah zat aktif yaitu Toosendanin. Nah, zat tersebut mempunyai sifat antelmintik, kalau dibandingkan dengan santontin, za Toosendanin bisa dibilang lebih kuat.

Oleh sebab itulah, bila Anda memiliki masalah cacing kermi pada pencernaan Anda bisa mengkonsumsi air rebusan daun mindi secara rutin.

Cara merebus sama seperti yang sudah dijelaskan pada manfaat daun mindi sebelumnya. Air mindi secara alami akan membantu menghambat cacing kermi berkembang dan membunuh secara perlahan serta alami.

  1. Mengatasi Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit yang berhubungan dengan tingginya angka tekanan darah normal.

Ini bisa disebabkan karena konsumsi makanan, gaya hidup yang buruk atau stress yang berlebihan. Bila didiamkan hipertensi bisa memicu penyakit yang semakin serius, seperti stroke.

Oleh sebab itulah sangat dianjurkan untuk Anda selalu menjaga tekanan darah aga dalam kondisi yang stabil.

Salah satu caranya bisa dengan mengkonsumsi air rebusan daun mindi. Ini karena di dalam daun mindi terdapat kandungan Vitamin C yang cukup tinggi sehingga dengan alami mampu menstabilkan kembali tekanan darah.

Saat mengkonsumsi daun mindi, imbangi juga dengan gaya hidup yang sehat dan asupan makanan yang tidak memicu hipertensi ya agar khasiatnya semakin terasa.

  1. Mengatasi Kulit Yang Terasa Gatal

Scabies atau kondisi kulit yang gatal sangatlah mengganggu sekali. Anda akan kesal sampai ingin menggaruknya. Nah, untuk mengatasinya cobalah menggunakan daun mindi.

Di dalam daun mindi terdapat kandungan anti oksidan serta anti septik alami yang bisa Anda manfaatkan.

Sementara untuk cara menggunakan daun mindi pada kulit gatal bukan dikonsumsi seperti sebelumnya. Anda harus merendam bagian kulit yang terasa gatal ke dalam air rebusan daun mindi yang sudah dicampur dengan 2 sendok makan garam. Lakukan dengan rutin agar rasa gatal dan penyebab gatal bisa hilang.

  1. Mengatasi Sakit Kepala

Daun mindi memiliki sifat dieuretik serta memberikan efek analgetik yang cara kerjanya seperti paracetamol. Sehingga secara alami bisa mengatasi rasa nyeri pada tubuh misalnya mengatasi rasa sakit pada kepala.

Anda hanya tinggal mengkonsumsi air rebusan daun mindi saat sakit kepala menyerang. Jangan lupa untuk merebus sampai bersih daun mindi di bawah air mengalir sebelum Anda merebusnya agar bakteri yang menempel pada daun mindi bisa hilang.

Efek Samping Daun Mindi

Di atas adalah manfaat daun mindi untuk kesehatan. Namun sayangnya tidak sebatas manfaat saja, duan mindi juga ternyata bisa memberikan efek samping buruk untuk kesehatan bila dikonsumsi berlebihan. Beberapa efek sampingnya adalah:

  1. Mengakibatkan Diare

Efek samping pertama, daun mindi bisa mengakibatkan diare. Ini telah disampaikan lewat penelitian yang dilakukan oleh seorang ilmuwan dari Departemen of Food Safety & Food Quality.

Diare sendiri adalah salah satu masalah kesehatan yang mengakibatkan penderitanya Buang Air Besar secara terus menerus sehingga bisa mengalami kekurangan cairan dalam tubuh. Bahkan terlalu banyak mengkonsumsi mindi malah akan mengubah bentuk feses sampai berdarah.

  1. Mengakibatkan Anemia

Efek samping selanjutnya adalah daun mindi bisa mengakibatkan anemia bila konsumsinya terlalu berlebihan.

Ini karena mindi memiliki kandungan Betaine serta Asam Askrobat yang tinggi sehingga bisa memicu terjadinya penurunan produktifitas sel darah, yang akhirnya malah menyebabkan ketidakstabilan jumlah darah dalam tubuh.

  1. Sistem Metabolisme Tubuh Semakin Menurun

Pada dasarnya daun mindi memiliki kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Hanya saja manfaat tersebut tidka akan bekerja bila Anda mengkonsumsi dalam jumlah yang terlalu banyak, metabolisme tubuh pun bisa sangat terganggu karenanya. Sehingga konsumsilah dengan cukup jangan berlebihan.

  1. Sirkulasi Darah Dalam Tubuh Terganggu

Selain bisa menyebabkan efek samping pada produktifitas sel darah merah juga daun mindi yang dikonsumsi berlebihan bisa memicu inkonsistenitas pada sirkulasi darah.

Ini disebabkan karena kandungan Asam Askrobat yang terlalu tinggi, bila dikonsumsi berlebihan malah akan menyebabkan gangguan sirkulasi darah.

Itulah manfaat, kandungan dan efek samping daun mindi. Ingat, pada dasarnya mindi sendiri tak membahayakan untuk tubuh terbukti dengan manfaat yang sudah disebutkan di atas.

Baca Juga :

Hanya saja bila Anda mengkonsumsi terlalu berlebihan, hingga 5 gelas per hari misalnya. Itu malah akan menjadi boomerang yang buruk untuk tubuh.

Bukannya memberikan manfaat malah menambahkan keluhan. Cukup konsumsi 2-3 gelas per hari saja ya untuk menunjang kesehatan Anda.

12 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Daun Mindi | 1001manfaat | 4.5