23 Manfaat Daun Salam : Kandungan dan Efek Samping Daun Salam

By On Sabtu, Desember 29th, 2018 Categories : Daun

Manfaat Daun Salam : Kandungan dan Efek Samping Daun Salam – Daun salam merupakan rempah yang biasa ditemukan di dapur.

Adapun daun salam berasal dari pohon Salam yang memiliki nama latin Sygium polyanthum. Di Indonesia, daun salam biasa digunakan dalam tambahan bahan penyedap rasa dalam makanan karena aromanya yang khas.

Adapun daun salam memiliki manfaat dan kandungan tersendiri dibandingkan daun lainnya. Berikut manfaat, kandungan, dan efek samping daun salam.

Manfaat Daun Salam

Selama ini daun salam lebih dikenal sebagai bahan masak, akan tetapi daun salam memiliki manfaat lain sebagai berikut:

  1. Mengobati Penyakit Cacing

Manfaat pertama dari daun salam adalah sebagai obat cacing. Daun salam mengandung metanol yang mampu membunuh cacing parasit dalam usus manusia. Rebus daun salam dalam air mendidih dan minum air rebusan daun salam 2 kali sehari untuk hasil efektif.

  1. Mencegah Batu Ginjal & Mengobati Infeksi Ginjal

Manfaat lain daun salam ialah mencegah batu ginjal dan mengobati infeksi ginjal. Kandungan dalam daun salam mampu meluruhkan gumpalan yang menempel pada ginjal. Batu ginjal disebabkan oleh endapan dalam ginjal sedangkan infeksi ginjal disebabkan oleh infiltrasi bakteri. Rebus beberapa lembar daun salam dan minum air rebusan 2 kali sehari secara berkala.

  1. Mengobati Penyakit Jamur pada Kulit

Selain metanol, dalam daun salam terdapat etanol yang memiliki sifat anti jamur. Daun salam mampu menghentikan penyebaran spora jamur secara berkala. Untuk bisa menghilangkan penyakit jamur  pada kulit, ambil daun salam yang masih segar, tumbuk halus dan usapkan hasil tumbukan ke kulit yang berjamur.

  1. Meredakan Masalah Pencernaan

Masalah pencernaan seperti sakit perut, mual, hingga keracunan makanan yang mengganggu sistem pencernaan dapat sembuh dengan bantuan daun salam. Rebusan air daun salam membantu memperlancar buang air kecil, merangsang mual saat keracunan, dan meredakan sakit perut. Minum rebusan selagi hangat untuk menenangkan perut hal ini juga terjadi pada Manfaat Buah Kesemek.

  1. Menghentikan Pendarahan

Daun salam mengandung zat besi dan zinc yang baik untuk regenerasi sel darah merah. Oleh karena itu, daun salam mampu membantu meredakan pendarahan seperti saat mimisan. Ketika mimisan, sumbat hidung dengan daun salam segar yang sudah kering dan tunggu beberapa saat. Mimisan akan segera berhenti setelahnya.

  1. Meringankan Nyeri

Manfaat lain dari daun salam ialah kemampuannya untuk meringankan nyeri. Daun salam memiliki sifat antiinflamasi yang membantu untuk meringankan nyeri dan infeksi. Daun yang satu ini bisa membantu meringankan keselo, nyeri pada sendi dan otot, arthritis, dan rheumatik. Minum rebusan air daun salam dan tempelkan daun yang sudah direbus pada area yang nyeri.

  1. Mengontrol Diabetes

Daun salam tidak mampu menyembuhkan diabetes, namun senyawa kandungan daun ini memiliki kemiripan dengan insulin. Dengan begitu daun salam mampu membantu mengontrol kadar glukosa dalam darah. Penderita diabetes perlu mengkonsumsi 1-3 gram daun salam dalam jangka waktu 30 hari berturut-turut untuk hasil maksimal.

  1. Meringankan Gejala Flu

Influenza biasanya disebabkan oleh sistem kekebalan tubuh yang lemah sehingga mudah terkena virus flu. Saat flu, beberpa gejala seperti demam, batuk, dan pilek. Dengan meminum air rebusan daun salam, gejala flu akan mereda. Pastikan untuk meminum air rebusan daun salam selagi hangat.

  1. Membantu Diet

Seperti Manfaat Sawi ternyata Daun Salam juga mampu membantu diet. Bagi yang tengah menjalani diet, daun salam mampu menenangkan pencernaan sehingga lambung mampu memproses makanan dengan lebih maksimal. Apabila pencernaan berjalan lebih maksimal, maka nutrisi terserap dengan lebih baik. Dengan begitu daun salam mampu mengurangi rasa lapar yang berlebihan.

  1. Meredakan Stres

Tak hanya mampu meredakan penyakit fisik, daun salam juga mampu meredakan stres. Setelah aktivitas seharian penuh di kantor, minum air rebusan daun salam yang telah diseduh dalam keadaan hangat. Tambahkan sedikit madu sesuai selera. Dengan meminum air rebusan daun salam mampu membuat badan lebih relaks dan pikiran lebih tenang.

Kandungan Daun Salam

Setelah mengetahui manfaat daun salam, perlu diketahui manfaat daun salam terdapat pada kandungan senyawa di dalamnya. Apa saja kandungan  daun salam? Simak daftar berikut ini.

  1. Metanol

Daun salam mengandung metanol yang mampu membasmi cacing dan juga menghalangi pertumbuhan parasit pada tubuh.

  1. Flavonoid

Kandungan flavonoid pada daun salam mampu membantu regenerasi sel kulit dan menurunkan tekanan darah.

  1. Antioksidan

Antioksidan membantu mengobati infeksi dan juga peradangan pada organ tubuh. Selain itu, antioksidan juga mampu menangkal racun pada tubuh dan mencegah pertumbuhan sel kanker.

  1. Etanol

Ekstrak etanol dari daun salam mampu membantu membasmi jamur pada kulit,  dan mencegah penyebaran bakteri jahat pada tubuh.

  1. Vitamin A

Daun salam memiliki cukup banyak kandungan vitamin A di dalamnya. Vitamin A membantu menyehatkan mata sehingga terhindar dari rabun.

  1. Magnesium & Zat Besi

Kandungan lainnya pada daun salam ialah magnesium dan zat besi. Kedua mineral inilah yang membantu proses penghentian aliran darah saat mimisan.

  1. Eugenol

Eugenol merupakan salah satu komponen aktif pada daun salam yang dipercaya mampu mencegah kanker. Eugenol mampu melancarkan pencernaan, membunuh bakteri, dan mencegah sel kanker.

  1. Salisilat

Salisilat bersama dengan asam caffeic dan fitonutrien terbukti mampu mencegah stroke dan menjaga kesehatan jantung seperti pada Manfaat Buah Tomat. Mengkonsumsi daun salam secara rutin juga mampu mencegah pengendapan pada pembuluh darah.

  1. Asam Laurat

Selain kandungan yang sudah disebutkan, daun salam juga mengandung asam laurat. Asam laurat memiliki fungsi  mengusir nyamuk. Kandungan ini sering terdapat pada bahan obat pengusir nyamuk.

  1. Vitamin C

Sifat antiinflamasi pada daun salam salah satunya berasal dari vitamin C. Vitamin C pada daun salam terbukti mampu mengobati peradangan, memperkuat daya tahan tubuh, dan menghilangkan stres.

Efek Samping Daun Salam

Meskipun daun salam memiliki segudang manfaat, masih terdapat beberapa efek samping yang timbul dari penggunaan daun salam.

Adapun efek samping daun salam adalah berikut:

  1. Memperlambat Kinerja Sistem Saraf Pusat

Daun  salam dapat memperlambat kinerja sistem saraf pusat sehingga mengganggu proses anestesi saat operasi. Oleh karena itu bagi pasien yang akan operasi, disarankan untuk tidak mengkonsumsi daun salam 2 minggu sebelum operasi.

  1. Memicu Reaksi Alergi

Banyak senyawa dalam daun salam yang bisa saja memicu alergi. Alergi tersebut bisa muncul baik setelah aplikasi topikal atau non-topikal. Apabila terjafi reaksi alergi seperti gatal, bersin, dan sakit perut, hentikan pemakaian daun salam.

  1. Menurunkn Kadar Gula Secara Drastis

Seperti disebutkan di atas, daun salam mengandung senyawa yang mirip dengan insulin, apabila penderita diabetes mengkonsumsi insulin bersamaan dengan daun salam, bisa saja terjadi penurunan kadar gula darah secara drastis. Pastikan konsultasi dengan dokter sebelum pemakaian.

Itulah manfaat, kandungan, dan efek samping daun salam. Daun salam ternyata bukan sekedar bumbu masak biasa. Ada banyak manfaat dan juga efek samping yang dimilikinya. Konsultasikan lebih lanjut apabila terjadi gejala serius setelah konsumsi daun salam.

23 Manfaat Daun Salam : Kandungan dan Efek Samping Daun Salam | 1001manfaat | 4.5