23 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Daun Singkong

By On Jumat, Januari 4th, 2019 Categories : Daun, Sayuran

Manfaat Daun Singkong : Kandungan dan Efek Samping Daun Singkong – Singkong adalah salah satu jenis umbi yang banyak ditemukan di Indonesia. Tak hanya umbinya, daun singkong juga dapat dimanfaatkan sebagai sayuran.

Singkong merupakan tumbuhan yang hidup di wilayah subtropis dan tropis. Seringkali daun singkong diolah menjadi masakan dan juga pelengkap makanan.

Akan tetapi daun singkong ternyata memiliki manfaat-manfaat lain, terutama untuk kesehatan. Apa saja manfaat daun singkong? Simak penjelasan di bawah ini.

Manfaat Daun Singkong

Singkong memiliki beberapa manfaat, antara lain sebagai berikut:

  1. Membantu Regenerasi Sel Tubuh

Daun singkong memiliki manfaat membantu regenerasi sel tubuh yang telah rusak. Sel pada tubuh manusia yang telah rusak harus segera diganti, pada beberapa kasus, sel yang gagal beregenerasi bisa menimbulkan beragam penyakit.

Dengan mengkonsumsi daun singkong, hal tersebut akan membantu regenerasi sel pada tubuh. Daun singkong bisa dikonsumsi sebagai lalap atau di masak dengan bumbu lain.

  1. Menangkal Radikal Bebas

Radikal bebas menjadi penyebab utama penuaan dini dan juga kulit kusam. Polusi dan juga pola hidup yang kurang sehat bisa menyebabkan tubuh terkena radikal bebas.

Untuk bisa menangkal radikal bebas, daun singkong bisa menjadi solusinya. Daun ini memiliki kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Seperti Manfaat Daun Kesemek mengkonsumsi daun singkong yang segar untuk bisa terhindar dari bahaya radikal bebas.

  1. Meredakan Rematik

Manfaat lain dari daun singkong adalah kemampuannya meredakan rematik. Rematik biasanya ditandai dengan persendian yang linu. Apabila tidak mendapatkan perawatan bisa berakibat lebih serius.

Untuk bisa meredakan rematik, siapkan 5 lembar daun singkong, kapur sirih, dan sedikit air. Remas dan balurkan daun singkong pada area yang terasa linu. Balurkan  kali sehari untuk hasil maksimal.

  1. Menyembuhkan Diare

Salah makan hingga karena intrusi bakteri mampu menyebabkan diare. Diare yang tidak segera ditangani bisa menyebabkan badan kekurangan cairan.

Daun singkong mampu menyembuhkan diare secara berkala. Rebus daun singkong dengan dua gelas air atau 800 cc. Tunggu hingga tersisa setengahnya. Minum dua kali sehari hingga diare sembuh.

  1. Menambah Darah

Seperti halnya dengan sayuran hijau pada umumnya, daun singkong mengandung zat besi dan magnesium yang berperan dalam produksi sel darah merah pada tubuh. Bagi penderita anemia atau tekanan darah rendah, daun singkong bisa menjadi solusi untuk menambah darah.

Cara mengatasi anemia lainnya silahkan Baca : Manfaat Mentimun

  1. Memperlancar Pencernaan

Dalam daun singkong terdapat banyak serat yang baik untuk kesehatan, terutama kesehatan pencernaan. Serat berfungsi menyerap cairan berlebih pada usus dan membuat usus tetap lembab.

Dengan begitu, makanan tercerna dengan baik. Terutama bagi yang mempunyai masalah buang air besar, maka mengkonsumsi daun singkong sangat membantu agar pencernaan lebih sehat dan buang air lebih lancar.

  1. Membantu Program Diet

Sayur hijau pada umumnya tidak memiliki terlalu banyak kalori maupun lemak dan karbohidrat yang bisa menyebabkan kenaikan berat badan. Sebagian kandungan daun singkong adalah mineral dan protein yang mambu membantu program diet.

Oleh karena itu bagi yang ingin diet atau menjaga berat badan tubuh agar tetap ideal, mengkonsumsi singkong pada porsi yang sesuai bisa membantu program diet.

  1. Membantu Metabolisme Tubuh

Metabolisme yang lancar akan membantu penyerapan nutrisi pada tubuh. Apabila sistem metabolisme terganggu maka bisa muncul masalah kesehatan yang serius.

Daun singkong mampu membantu metabolisme tubub agar lancar dan juga membantu tubuh menyerap nutrisi dengan maksimal. Tambahkan daun singkong pada menu sayuran agar metabolisme tubuh berjalan dengan baik.

Manfaat daun singkong tidak terlepas dari kandungan yang ada di dalamnya. Seperti halnya dengan sayuran lain, daun dari umbi ketela pohon ini memiliki beberapa kandungan.

Kandungan Daun Singkong

Daun singkong memiliki beberapa kandungan. Apa saja kandungan dalam daun singkong? Simak daftarnya berikut ini.

  1. Asam Amino Esensial

Daun singkong mengandung asam amino esensial yang sangat baik bagi tubuh. Zat ini mampu membantu regenerasi sel pada tubuh, membantu metabolisme dan pengubahan karbohidrat menjadi energi.

  1. Zat Besi

Warna hijau pada daun singkong merupakan tanda bahwa daun yang satu ini mengandung zat besi. Zat besi bagus untuk membantu pembekuan darah dan regenerasi sel darah merah pada tubuh. Bukan hanya daun Singkong ternyata Sawi juga memiliki banyak kandungan Zat Besi. (Baca Juga : Manfaat Sawi)

  1. Purin

Selain kandungan yang bermanfaat, ada juga kandungan daun singkong yang sebaiknya dihindari. Kandungan purin kurang baik bagi penderita asam urat karena bisa memicu nyeri yang lebih parah. Bagi penderita asam urat sebaiknya membatasi konsumsi daun singkong.

  1. Protein

Daun singkong mengandung cukup banyak protein yang bagus untuk pertumbuhan otot. Protein juga mampu menambah energi sehingga bisa mengatasi kelelahan. Bagi yang menjalankan program diet, daun singkong bisa menjadi salah satu menu makanan diet.

  1. Vitamin A

Vitamin A pada daun singkong cukup banyak seperti manfaat daun salam. Ditambah dengan nutrisi lainnya, vitamin A pada daun singkong bagus untuk menjaga kesehatan mata, mengindari rabun usia dini, dan mencegah rabun menjadi lebih parah.

  1. Kalsium & Fosfor

Dua mineral ini merupakan komponen penting dalam pembentukan tulang. Asupan kalsium dan fosfor yang cukup akan membantu menguatkan tulang dan juga mencehah pengeroposan tulang hingga terhindar dari resiko terkena osteoporosis pada usia dini.

  1. Sianida

Hal yang tidak diketahui banyak orang adalah fakta bahwa duab singkong sebenarnya mengandung zat kimia berbahaya yaitu sianida. Namun untungnya zat ini mudah menguap sehingga kemungkinan terburuk akan konsumsi daun singkong jarang terjadi.

  1. Linamarin

Linamarin adalah kandungan dalam daun singkong yang dapat membuat otot syaraf menjadi lebih tegang dan menyebabkan nyeri pada kepala.

  1. Serat

Serat pada daun singkong bagus untuk menjaga kesehatan pencernaan, melancarkan pencernaan sehingga terhindar dari sembelit. Daun singkong mengandung serat cukup banyak sehingga baik untuk pencernaan.

  1. Vitamin B17

Vitamin B17 memiliki manfaat hampir sama dengan vitamin A yaitu menjaga kesehatan mata. Selain itu, vitamin B17 juga bagus untuk menjaga kelenturan kulit.

Meskipun memiliki manfaat, namun daun singkong juga memiliki efek samping.

Efek Samping Daun Singkong

Daun singkong memiliki beberapa efek samping sebagai berikut:

  1. Dapat Memicu Keracunan

Kandungan sianida pada daun singkong bisa menjadi berbahaya terutama jika dipadukan dengan sayuran lain seperti bayam. Keracunan sianida bisa menyebabkan kematian.

  1. Menambah Parah Asam Urat

Kandungan purin pada daun singkong memicu produksi asam yang membuat asam urat semakin parah.

  1. Menyebabkan Sakit Kepala

Konsumsi daun singkong yang berlebihan dapat memicu sakit kepala dan sakit pada bagian tubuh lainnya.

  1. Memicu Tekanan Darah Tinggi

Daun singkong bagus untuk penderita anemia, namun tidak sebaliknya. Bagi penderita tekanan darah tinggi sebaiknya tidak terlalu sering mengkonsumsi daub singkong.

  1. Menyebabkan Sesak Napas

Kandungan sianida dapat menyebabkan efek samping seperi sesak napas dan juga sakit perut. Sianida membuat penyempitan saluran pernapasan sehingga penderita akan mengalami sesak napas.

Itulah manfaat, kandungan dan juga efek samping daun singkong. Dengan mengetahui lebih jauh tentang daun singkong, diharapkan masyarakat bisa lebih bijak saat mengkonsumsi daun singkong.

23 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Daun Singkong | 1001manfaat | 4.5