30 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

By On Minggu, Februari 3rd, 2019 Categories : Herbal

Manfaat Jeruk Nipis : Kandungan dan Efek Samping Jeruk Nipis – Anda pastinya sudah tahu apa itu jeruk nipis. Buah yang memiliki rasa agak masam dan aroma menyegarkan.

Biasanya jeruk nipis digunakan sebagai tambahan rasa pada soto atau dijadikan minuman segar saat kondisi sedang panas.

Namun tahukah Anda, tidak hanya sekedar bisa dinikmati saja loh. Ternyata ada  juga manfaat, kandungan dan efek samping jeruk nipis.

Kandungan Jeruk Nipis

Saat mengkonsumsi sesuatu akan lebih baik bila Anda mengetahui kandungan nutrisi nya. Ini sangat penting agar Anda bisa tahu apakah makanan atau minuman yang Anda konsumsi tersebut bermanfaat atau tidak untuk tubuh. Nah, di dalam jeruk nipis terdapat beberapa kandungan yang bisa bermanfaat:

  1. Vitamin C
  2. Vitamin B1
  3. Vitamin B2
  4. Vitamin B3
  5. Vitamin B5
  6. Karbohidrat
  7. Serat
  8. Lemak
  9. Kalsium
  10. Protein
  11. Zat Besi
  12. Fosfor
  13. Magnesium
  14. Asam Folat
  15. Kalium
  16. Seng
  17. Gula
  18. Asam Sitrat yang membuat jeruk memiliki rasa masam.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Berdasarkan kandungan nutrisi yang sudah disebutkan di atas, maka ada beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan saat mengkonsumsinya:

1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C jeruk nipis termasuk yang tertinggi sehingga tidak heran bila buah ini disarankan untuk dikonsumsi agar meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Jeruk nipis bisa menjadi sumber vitamin C alami untuk Anda.

Baca Juga :

Cara konsumsinya sendiri tidak sulit, Anda bisa lakukan sesuai yang diinginkan misalnya saja dijadikan minuman segar. Di mana jeruk nipis bisa Anda perasa lalu ambil air sarinya dan tambahkan air.

2. Membantu menyeimbangkan pH tubuh

pH tubuh atau disebut asam dan basa haruslah seimbang, ini merupakan hal penting yang harus bisa Anda ketahui dan lakukan.

Karena pH bisa menjadi penentu apakah Anda sehat atau sakit. Saat kandungan pH yang ada di dalam tubuh tidak seimbang, kemungkinan besar Anda akan sakit. Konsumsi jeruk nipis bisa menyeimbangkan pH secara alami.

3. Mencegah resiko terkena penyakit kanker

Kanker merupakan penyakit mematikan dengan tingkat kematian sangat tinggi. Anda tentunya tak mau kan mendapatkan resiko kanker? Nah, salah satu cara untuk menghindari resiko tersebut adalah dengan mengkonsumsi jeruk nipis.

Kandungan liminoid yang ada di dalam jeruk nipis ini mampu mencegah terjadinya radikal bebas penyebab kanker di dalam tubuh serta menurunkan resiko beberapa jenis kanker, misalnya saja kanker lambung dan leukemia.

4. Membuat tekanan darah stabil

Tekanan darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah akan sangat berbahaya. Ada saja keluhan yang akan dirasakan saat tekanan darah tak stabil.

Misalnya saja kalau terlalu tinggi, maka resiko hipertensi akan semakin besar dan itu bisa memicu pada hal yang lebih buruk lagi.

Agar mencegah hal tersebut terjadi Anda bisa memanfaatkan kandungan kalium di dalam jeruk nipis karena mampu menstabilkan kembali tekanan darah secara alami.

5. Mengatasi asam urat secara alami

Asam urat merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya penumpukan zat purin dalam tubuh. Faktor resikonya bisa karena asupan makanan atau usia.

Orang yang memiliki penyakit asam urat akan mengeluhkan kondisi tulang yang nyeri sampai ia tak bisa tertidur.

Salah satu cara untuk mengurangi zat purin dalam tubuh bisa dengan mengkonsumsi jeruk nipis karena di dalamnya terdapat kandungan asam sitrat.

6. Mengurangi kolesterol yang ada di dalam tubuh

Asupan zat seperti lemak atau kolesterol sebenarnya tidak membahayakan untuk tubuh, bahkan dibutuhkan. Hanya saja bila jumlahnya sudah sangat tinggi hal tersebut malah bisa sangat membahayakan dan memicu timbulnya resiko penyakit.

Nah, kandungan flavonoid yang ada di dalam jeruk nipis bisa Anda manfaatkan untuk mengurangi kolesterol berlebihan dalam tubuh.

Flavonoid juga bisa menjadi anti oksidan alami pencegah terjadinya radikal bebas dalam tubuh.

Cara konsumsinya sendiri tidak sulit, Anda hanya perlu menyiapkan 1 buah jeruk nipis, belah menjadi 2 lalu peras airnya. Jangan lupa tambahkan air hangat, bila mau ditambah es juga tidak apa-apa.

7. Membantu menurunkan berat badan

Jeruk nipis yang Anda peras dan minum airnya juga bisa membantu melancarkan program diet Anda loh. Ini karena jeruk nipis sangat ampuh membantu memaksimalkan metabolisme tubuh termasuk lemak.

Dengan begitu proses menghilangkan lemak dalam tubuh yang sedang Anda lakukan bisa terbantu secara alami.

Cara mengkonsumsinya, seperti biasa Anda hanya perlu memeras dan mengambil airnya. Anda bisa menyeduhnya bersama dengan kantung teh, sehingga sajiannya bisa berbeda dari air perasan jeruk biasa. Konsumsi secara rutin namun jangan berlebihan ya.

Efek Samping Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

Tahukah Anda ternyata jeruk nipis juga tidak hanya memberikan manfaat saja untuk tubuh namun bisa juga memberikan efek samping bila dikonsumsi secara berlebihan. Inilah kenapa anjuran untuk tidak berlebihan memang harus selalu dilakukan pada makanan apapun.

Kenapa bisa memberikan efek samping? Ini karena vitamin C yang ada di dalam jeruk nipis cukup tinggi.

Pada dasarnya bila konsumsi Anda masih dalam kadar normal ya tidak akan memberikan efek negative. Ya tapi kalau sudah berlebihan, Anda bisa mendapatkan beberapa efek samping berikut ini:

  1. Buang air kecil terlalu sering: beser alias terlalu sering buang air kecil bisa Anda rasakan bila berlebihan dalam mengkonsumsi minuman jeruk nipis.
  2. Zat besi menjadi semakin meningkat: peningkatan jumlah zat besi pada tubuh yang terlalu berlebihan malah akan memberikan efek negative dan mempengaruhi pada sistem pencernaan tubuh.
  3. Kulit terbakar: sebenarnya bila digunakan tak berlebihan jeruk nipis mampu membuat kondisi kulit menjadi bagus, hanya saja bila tidak terkontrol kulit Anda malah bisa terasa terbakar.
  4. Mengalami masalah pencernaan: Zat asam sitrat yang ada di dalam jeruk nipis lah yang akan memicu Anda mengalami sakit perut atau masalah pencernaan.
  5. Nyeri lambung karena maag: Jeruk nipis tak akan memberikan efek negatif bagi rahim namun bagi lambung, tentu saja ini akan membahayakan. Bila terlalu banyak resiko maag akan semakin besar. Apalagi bagi Anda yang memiliki maag akut, minuman atau makanan dengan rasa masam malah bisa semakin memicu rasa nyeri pada lambung.

Ingat, efek samping hanya bisa Anda dapat bila terlalu berlebihan. Sehingga kalau masih dalam batasan normal Anda tidak akan mendapatkan efek negatif apa pun, malah akan menyehatkan.

Itulah manfaat, kandungan dan efek samping jeruk nipis yang perlu Anda ketahui. Menjadi sehat dengan alami tentu bisa jadi yang terbaik, dari pada harus sehat karena konsumsi obat kimia.

Yuk jaga kesehatan menggunakan bahan-bahan alami seperti jeruk nipis, jangan lupa juga imbangi dengan makanan sehat lain serta olahraga rutin untuk tubuh. Karena kalau hidup tidak diimbangi antara asupan dan olahraga malah akan jadi timpang sebelah alias tidak seimbang!

30 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Jeruk Nipis Untuk Kesehatan | 1001manfaat | 4.5