21 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Lobak Untuk Kesehatan

By On Sabtu, Februari 9th, 2019 Categories : Sayuran

Manfaat Lobak : Kandungan dan Efek Samping Lobak – Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan jenis sayuran lobak. Sayuran berakar yang pertama kali disebarkan di wilayah Eropa.

Sementara di Indonesia sendiri, Lobak sudah banyak digunakan untuk konsumsi makanan harian.

Ada yang memakannya mentah-mentah, ada juga yang mengolahnya menjadi masakan. Tak sekedar bisa dikonsumsi saja loh, ada juga manfaat, kandungan dan efek samping lobak untuk kesehatan. Untuk informasi lebih lengkapnya, simak pembahasan berikut ini.

Kandungan Nutrisi Lobak

Lobak bisa memberikan manfaat positif untuk kesehatan. Ini karena terdapat beberapa kandungan nutrisi di dalamnya yang baik untuk tubuh. Dalam 100 gram lobak, Anda bisa mendapatkan:

  1. Vitamin B2 sebanyak 15,38%
  2. Vitamin C sebanyak 9,33%
  3. Zat besi sebanyak 3,80%
  4. Fosfor sebanyak 2,5%
  5. Serat sebanyak 0,3 gram
  6. Karbohidrat sebanyak 12,1 gram
  7. Protein sebanyak 0,8 gram
  8. Air sebanyak 86,4 gram

Daftar nutrisi di atas sudah bisa memenuhi kebutuhan nutrisi harian Anda.

Manfaat Lobak Untuk Kesehatan

Dengan daftar nutrisi di atas, Anda bisa mendapatkan manfaat lobak untuk kesehatan. Diantaranya:

  1. Menurunkan resiko kanker

Di dalam lobak terdapat kandungan yang memiliki sifat anti-karsinogenik, yaitu anthocyanin. Ada juga sifat anti-oksidan yang diberikan oleh vitamin C.

Kedua sifat dan kandungan tersebut sangat bermanfaat dalam pencegahan resiko kanker, karena mampu mencegah radikal bebas dalam tubuh.

Hal ini tentunya sudah dibuktikan oleh penelitian dari Plants Food for Human Nutrition. Di mana ekstrak lobak sudah terbukti mampu menginduksi terjadinya kematian pada sel, dengan cara memicu lewat jalur opoptosis.

Artikel lainnya yang membahas mengatasi penyakit kanker :

  1. Mengatur tekanan darah agar tetap dalam keadaan stabil

Anda yang memiliki hipertensi atau tekanan darah yang tidak stabil juga bisa memanfaatkan lobak sebagai makanan harian. Di dalam lobak terdapat sifat anti-hipertensi yang secara alami mampu menstabilkan tekanan darah. Lobak juga memiliki cukup banyak kandungan kalium yang bisa menjaga keseimbangan natrium di dalam tubuh.

Berdasarkan studi yang pernah dipublikasikan oleh Nutrision Research and Practice mengenai lobak. Mereka menemukan bahwa mengkonsumsi lobak setidaknya bisa menurunkan tekanan darah sampai angka 166 mmHg.

  1. Menjaga kestabilan gula darah

Penyakit gula darah atau disebut juga diabetes merupakan penyakit kronis yang sangat sukar disembuhkan, bahkan penderitanya terancam memiliki penyakit tersebut seumur hidup.

Namun diabetes tetap bisa Anda kendalikan agar bisa mencegahnya semakin berkembang menjadi penyakit yang membahayakan dan semakin kronis.

Cara mengendalikannya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang rendah akan kandungan gula, tinggi serat dan nilai indeks glikemik yang rendah. Lobak bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda menjaga kestabilan gula darah.

Konsumsi secara harian, secukupnya. Bisa mentah ataupun dimasak, namun hindari penambahan minyak. Sebaiknya Anda olah dengan cara dijadikan sayur bening.

  1. Meredakan penyakit ringan seperti flu dan batuk

Flu dan batuk masuk ke dalam jenis penyakit ringan namun sangat mengganggu aktivitas harian. Produktifitas benar-benar terganggu, Anda harus istirahat seharian karena merasa pusing akibat flu dan batuk.

Saat proses penyembuhan sebaiknya konsumsi Lobak agar bisa kembali bugar dalam waktu cepat.

Ini karena lobak mempunyai sifat anti-kongesif, secara alami mampu membersihkan lendir pada rongga tenggorokan serta meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. ternyata bukan hanya lobak namun Manfaat Daun Salam juga mampu mengatasi penyakit ini.

  1. Menghindari dan mengatasi penyakit kuning

Penyakit kuning berhubungan dengan ketidak seimbangan jumlah bilirubin di dalam darah. Penyakit yang bisa dialami siapa saja termasuk anak kecil.

Untuk menghindari dan mangatasinya, bisa dengan cara mengkonsumsi sayuran lobak. Ini karena lobak mampu menghilangkan racun yang ada di dalam tubuh.

Lobak akan menjaga kondisi hati dan perut agar selalu dalam keadaan baik. Lobak juga mampu menstabilkan kembali jumlah bilirubin di dalam darah serta membantu meningkatkan asupan oksigen dalam tubuh sehingga mampu meminimalisir pengharusan sel darah merah akibat dari penyakit kuning tersebut.

  1. Menurunkan berat badan

Apakah Anda sedang menjalankan program diet? Bila iya, maka Anda harus mulai mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan mempunyai kandungan serat yang tinggi sehingga mampu meningkatkan rasa kenyang.

Nah, untuk mendapatkan makanan rendah kalori dengan serat yang tinggi, Anda bisa mendapatkannya dari 100 gram lobak. Sehingga tidak heran bila sudah banyak orang yang menjadikan lobak sebagai makanan diet harian.

  1. Mencegah terjadinya kontipasi atau sulit BAB

Kontipasi sendiri bukan penyakit yang kronis, namun bisa sangat dipastikan akan mengganggu. Anda yang mengalami kontipasi akan merasakan kondisi perut yang semakin tidak enak karena terlalu banyak menyimpan banyak sampah di dalam lambung.

Untuk mengatasinya, konsumsilah makanan berserat agar bisa membersihkan kotoran yang ada di usus besar. Serat bisa Anda dapatkan dari sayuran lobak. Mengkonsumsi secara teratur tentu saja bisa membuat kesehatan lambung Anda semakin baik.

Efek Samping Lobak

Sayangnya, lobak tidak selalu memberikan manfaat untuk kesehatan. Terdapat efek samping yang bisa membahayakan yaitu bisa menyebabkan penyakit Toskoplasmosis, penyakit yang dipicu oleh parasite yang masuk ke dalam tubuh sehingga menurunkan kekebalan sistem imun tubuh.

Gejala penyakit Toskoplasmosis:

  1. Penderita akan mengalami demam yang tinggi sebagai gejala awal
  2. Penderita sering mengeluh kelelahan dan merasa sakit pada bagian otot tubuhnya
  3. Mengalami peradangan pada tenggorokan
  4. Kelenjar getah bening mulai mengalami pembengkakan
  5. Bisa sedang dalam masa kehamilan bisa membahayakan janin dalam kandungan. Resiko keguguran sangat besar, kematian bayi hingga cacat pada pusat otak serta indera vitalnya.
  6. Sakit kepala yang bisa mengakibatkan kejang berkelanjutan.

Tips Mengkonsumsi Lobak

Biarpun memiliki manfaat nyatanya lobak juga memiliki efek samping seperti yang sudah dipaparkan pada penjelasan sebelumnya.

Oleh sebab itulah, Anda harus bisa menjaga asupannya agar tidak terlalu berlebihan dan menimbulkan efek samping buruk. Bagaimana caranya?

  1. Konsumsilah cukup 100 gram lobak per hari saja
  2. Pilihlah lobak yang masih dalam kondisi segar
  3. Bersihkanlah lobak sebelum dikonsumsi menggunakan air yang mengalir sampai benar-benar bersih agar tidak ada bakteri yang menempel
  4. Bila ingin mendapatkan olahan lobak dengan rasa yang renyah akan lebih baik bila Anda merendam lobaknya terlebih dahulu menggunakan air es, 30 menit atau menyesuaikan dengan kebutuhan sebelum Anda benar-benar mengolahnya.
  5. Masaklah sampai matang dengan sempurna, agar mikroba yang ada di dalam lobak bisa mati. Namun jagan terlalu matang berlebihan agar kandungan di dalamnya tidak hilang.

Itulah manfaat, kandungan dan efek samping lobak untuk kesehatan. Sayuran umbi lobak ini bisa sangat aman Anda konsumsi asalkan mengikuti tips mengkonsumsi lobak di atas.

Baca Juga :

Ingat, konsumsilah secukupnya, jangan terlalu berlebihan agar bisa menghindari resiko penyakit yang membahayakan untuk tubuh.

Karena pada dasarnya lobak tidak berbahaya asal takaran asupan nya sesuai dengan kebutuhan harian serta pengolahannya pun sudah mengikuti aturan olahan yang baik dan benar.

21 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Lobak Untuk Kesehatan | 1001manfaat | 4.5