20 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Mentimun Untuk Kesehatan

By On Rabu, Januari 16th, 2019 Categories : Buah-Buahan

Manfaat Mentimun : Kandungan dan Efek Samping Mentimun – Mentimun merupakan salah satu jenis buah yang sering ditemukan di makanan Indonesia. Biasanya mentimun dibuat untuk acar, pelengkap lalap, atau pelengkap rujak. Rasanya yang segar membuat banyak masyarakat Indonesia menyukai buah yang satu ini.

Mentimun yang umum dimanfaatkan oleh masyarakat adalah mentimun hijau yang memiliki kadar air tinggi namun dengan rasa yang tidak terlalu manis.

Selain sebagai mahan makanan, ternyata mentimun memiliki manfaat lain. Apa saja manfaat mentimun? Simak ulasan berikut ini

Manfaat Mentimun untuk Kesehatan

Ada beberapa manfaat mentimun yang baik untuk kesehatan. Berikut 10 manfaat mentimun.

  1. Mencegah Dehidrasi

Mentimun merupakan buah yang mengandung kadar air yang tinggi. 95 persen kandungan mentimun adalah air. Karena kandungan mentimun yang kaya akan air inilah yang membuat mentimun mampu mencegah dehidrasi.

Dehidrasi adalah situasi ketika seseorang kekurangan cairan pada tubuhnya. Makan mentimun setelah menjalani aktivitas berat seperti berlari atau kegiatan yang menguras keringat.

  1. Menurunkan Tekanan Darah

Manfaat mentimun yang paling populer ialah kemampuannya menurunkan tekanan darah. Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi bisa berujung komplikasi berbahaya sehingga perlu di kontrol.

Dengan mengkonsumsi mentimun maka tekanan darah akan menurun sehingga penderita bisa menjalani aktivitas tanpa merasakan efek samping hipertensi. Makan mentimun secara rutin untuk menurunkan tekanan darah secara berkala seperti yang terdapat pada Manfaat Jengkol.

  1. Meredakan Demam

Kandungan air pada mentimun yang sejuk dapat membantu menurunkan suhu tubuh saat demam. Selain itu, mentimun bisa digunakan sebagai pengganti es untuk mengkompres pasien yang tengah mengalami demam.

Peras air mentimun, lalu balurkan cairan mentimun ke dahi untuk menurunkan panas. Pasien juga bisa menggunakan kain untuk mengkompres.

Baca Juga : Manfaat Daun Salam

  1. Mengecilkan Pori

Pori yang besar lebih rawan menampung kotoran dan bakteri pada kulit. Selain itu, pori yang membesat juga menjadi salah satu keluhan kaum perempuan yang ingin memiliki pori lebih kecil.

Kandungan air mentimun yang sejuk mampu membantu menutup pori yang terlalu lebar. Usapkan irisan mentimun ke kulit atau wajah yang sudah bersih, tunggu beberapa menit lalu bilas dengan air. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

  1. Mengurangi Lingkaran Hitam & Bengkak pada Mata

Seringkali kurang tidur atau kelelahan membuat kulit jenuh sehingga muncul lingkaran hitam atau bengkak pada mata. Hal tersebut bisa menjadi gangguan terutama bagi yang harus tampil prima di depan umum.

Tidak perlu kosmetik mahal untuk menghilangkannya. Cukup tempelkan irisan mentimun di area mata dan tunggu selama kurang lebih 15 menit, maka lingkaran hitam akan memudar dan bengkak akan sedikit mengempes.

  1. Menjaga Kelembaban Kulit

Kulit kering bisa menjadi sarang bakteri serta mengganggu kesehatan kulit. Masalah ini bisa diselesaikan dengan bahan yang memiliki pelembab di dalamnya.

Mentimun sendiri memiliki tingkat kelembaban yang tinggi sehingga pengunaan mentimun mampu meredakan kulit kering dan menjaga kelembaban kulit. Usap potongan mentimun di bagian kuli yang kering dan lakukan secara rutin agar kulit tetap lembab.

  1. Meredakan Bau Mulut

Memakan makanan yang mengandung banyak lemak atau makanan yang menghasilkan gas seringkali menyebabkan bau mulut. Serangan bakteri juga mampu menyebabkan gangguan ini.

Mentimun mampu meredakan bau mulut karena kemampuannya untuk meredakan panas pada pencernaan. Tempelkan potongan mentimun di langit-langit mulut, lalu tunggu sekitar 30 detik hingga 1 menit maka bau mulut akan berkurang.

  1. Menjaga Kesehatan Ginjal

Hal lain yangj jarang diketahui ialah fakta bahwa mentimun ternyata mampu menjaga kesehatan ginjal. Kandungan pada mentimun mampu merangsang metabolisme serta membantu ginjal membuang sisa makanan.

Sisa makanan yang mengendap dan tidak dibuang bisa memicu ginjal batu dan gagal ginjal. Dengan mengkonsumsi mentimun secara rutin maka akan mengurasi resiko kerusakan ginjal.

  1. Menjaga Kekuatan Tulang

Manfaat lain mentimun ialah mentimun mampu menjaga kekuatan tulang. Kandungan pada mentimun membantu penyerapan kalsium pada tubuh serta menguatkan tulang.

Dengan begitu pengkonsumsi mentimun akan terhindar dari pengeroposan tulang serta membantu pemulihan patah tulang. Mentimun bisa dimakan langsung, dimakan bersama lalap atau dibuat jus sesuai selera.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan air yang banyak ditambah dengan serat membuat mentimun buah yang ideal untuk melancarkan pencernaan dan mencegah sembelit. Seseorang yang terkena sembelt biasanya disebabkan karena kekurangan serat dan cairan. Mulailah konsumsi mentimun  setelah makan agar proses pencernaan berjalan dengan lebih lancar.

Meskipun sebagian besar kandungan mentimun adalah air, entimun memiliki beberapa kandungan lain di dalamnya.

Manfaat Lainnya yang bisa melancarkan Pencernaan :

Kandungan Mentimun

Berikut beberapa kandungan mentimun yang bisa ditemukan pada mentimun yang dikonsumsi sehari-hari.

  1. Vitamin K

Kandungan vitamin K pada satu buah mentimun mampu memenuhi 22 persen kebutuhan harian akan vitamin ini. Vitamin K bagus untuk kesehatan tulang dan membantu penyerapan kalsium agar lebih maksimal.

  1. Kalium

Kalium merupakan kandungan pada mentimun yang berperan dalam menurunkan tekanan darah. Dengan adanya kalium pada tubuh maka asupan sodium pada tubuh bisa terkontrol dengan lebih baik.

  1. Vitamin C

Mentimun juga mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan kulit dan kekebalan tubuh. Kandungan vitamin C inilah yang ikut berperan menjaga kulit agar tetap lentur dan sehat. bukan hanya mentimun Jeruk Nipis pun banyak mengandung Vitamin C.

  1. Silika

Silika adalah salah satu mineral pada mentimun yang berperan dalam menjaga kesehatan ginjal. Bersama dengan kalium dan mineral lainnya, silika membantu kinerja ginjal dan juga mencegah batu ginjal.

  1. Enzim Erepsin

Kandungan lain pada mentimun ialah enzim erepsin. Enzim erepsin adalah enzim yang membantu dalam penyerapan protein pada tubuh. Dengan begitu, asupan protein untuk tubuh akan lebih maksimal.

  1. Folat

Mentimun juga mengandung folat yang memiliki beragam manfaat pada tubuh. Asam folat sangat bagus untuk menutrisi janin pada wanita hamil. Selain itu, folat juga mampu meredakan encok dan rematik.

  1. Asam Askorbat

Asam askorbat pada mentimun membantu meredakan bengkak. Senyawa ini mampu menurunkan tingkat rentensi air sehingga mampu meredakan bengkak.

Selain bermanfaat, mentimun masih bisa menimbulkan beberapa efek samping untuk kesehatan

Efek Samping Mentimun bagi Kesehatan

Ada beberapa efek samping yang bisa disebabkan oleh mentimun. Berikut daftarnya:

  1. Memperparah Sinusitis

Penderita sinusitis sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi mentimun. Kandungan air yang memberikan efek sejuk bisa memicu sinusitis menjadi lebih parah.

  1. Mengganggu Sistem Ginjal

Meskipun mentimun bersifat diuretik sehingga mampu menjaga kesehatan ginjal, namun konsumsi berlebih bisa mengganggu sistem ginjal. Gejala gangguan ini ialah sakit kram pada perut, mual, kembung, hingga nyeri pada bagian ginjal sama halnya pada Efek Samping Buah Tin.

  1. Menghilangkan Cairan Tubuh

Mentimun mampu menjaga tubuh agar terhidrasi, namun konsumsi mentimun yang berlebihan justru berakibat sebaliknya. Sifat diuretik pada mentimun membuat seseorang terus ingin buang air kecil untuk membuang kotoran pada ginjal. Akan tetapi jika hal ini terus terjadi maka tubuh bisa kehilangan banyak cairan tubuh.

Kesimpulan

Mentimun pada dasarnya memiliki banyak manfaat, namun tetap saja konsumsi mentimun harus sesuai porsi dan tidak boleh berlebihan. Konsumsi berlebihan akan menimbulkan efek samping.

Itulah manfaat, kandungan dan efek samping mentimun. Semoga bermanfaat.

Baca Juga : Manfaat Buncis

20 Manfaat, Kandungan dan Efek Samping Mentimun Untuk Kesehatan | 1001manfaat | 4.5