10 Manfaat Utama Sayur Sawi Untuk Kesehatan

By On Senin, Desember 17th, 2018 Categories : Sayuran

Manfaat Sayur Sawi : Kandungan dan Efek Samping Sawi – Ada berbagai jenis sayur, salah satunya adalah sawi.  Sawi berasal dari tumbuhan marga Brasssica. Biasanya orang-orang memanfaatkan sawi sebagai bahan pangan.

Sawi memiliki beberapa jenis. Yang paling umum menjadi bahan pangan adalah sawi hijau. Sawi hijau biasanya ditambahkan pada makanan seperti mi ayam dan bakso. Sawi putih umumnya menjadi bahan untuk sup. Sedangkan yang masih jarang dimanfaatkan adalah sawi sendok.

Manfaat Sawi

Meskipun jenis sawi berbeda-beda, pada umumnya mereka memiliki manfaat yang sama. Apa saja manfaat sawi? Berikut daftar manfaat sawi.

1). Menjaga Kesehatan Tulang

Salah satu vitamin yang lebih jarang ditemukan dengan mudah adalah vitamin K. Vitamin K merupakan suplemen penting untuk menjaga kekuatan tulang. Apabila seseorang kekurangan vitamin K, maka akan mudah baginya terkena osteoporosis.

Sawi mengandung banyak vitamin K dibandingkan sayur lainnya. Cukup denan satu cangkir rebusan sawi, akan mampu menyuplai 770 mikro gram vitamin K ke dalam tubuh kita.

2). Menangkal Radikal Bebas

Dalam sawi terdapat kandungan antioksidan yang mampu menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat menyebabkan penuaan, kulit kusam, dan kanker.

Seperti Manfaat Daun Singkong ternyata mengkonsumsi sawi secara rutin mampu menangkal radikal bebas, terutama jika hidup di lingkungan yang banyak polusi.

3). Melancarkan Buang Air Besar

Sawi mengandung banyak serat yang bermanfaat melancarkan buang air besar. Kandungan serat mampu menyerap air berlebih pada usus, menjaga kelembaban usus, dan memaksimalkan kerja lambung. Mengkonsumsi sawi cocok bagi yang mengalami masalah buang air besar.

4). Mengatasi Tekanan Darah Rendah

Sawi hijau memiliki kandungan magnesium dan zat besi yang berkhasiat memperlancar produksi sel darah merah. Pada pasien dengan tekanan darah rendah, atau yang baru saja mengalami pendarahan dapat memanfaatkan sawi untuk menyeimbangkan tekanan darah pada tubuh. Sawi bisa dikonsumsi dalam keadaan segar atau dikukus sebentar agar kandungan mineral pada sawi tidak rusak.

5). Membantu Program Diet

Sawi tidak memiliki banyak kandungan lemak seperti halnya sayuran lainnya. Dengan kandungan lemak yang rendah maka sawi sangat cocok menjadi sayuran pilihan untuk dikonsumsi saat menjalani program diet. Masukkan sawi ke dalam daftar menu diet secara berkala untuk membantu proses penurunan berat badan.

6). Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Seperti Manfaat Buah Kesemek Kandungan vitamin pada sawi mampu menguatkan daya tahan tubuh. Menjaga daya tahan tubuh penting agar terhindar dari penyakit seperti flu, demam, hingga virus berbahaya. Untuk menguatkan daya tahan tubuh,tambahkan sawi sebagai sayur pelengkap pada makanan untuk hasil yang maksimal.

7). Menjaga Kesehatan Mata

Salah satu yang membuat sawi bermanfaat menjaga kesehatan mata adalah adanya vitamin A. Kekurangan vitamin A mampu meningkatkan resiko terkena rabun pada usia dini, atau penurunan kemampuan penglihatan.

Agar penglihatan tetap tajam dan suplai vitamin A terjaga, tambahkan sawi pada makanan seperti pada mi, sup, atau dibuat lalap saat masih segar.

8). Menjaga Kesehatan Kulit

Manfaat sawi lainnya ialah sawi mampu menjaga kesehatan kulit. Sawi yang memiliki kandungan nutrisi yang kaya, terbukti mampu menjaga kekenyalan kulit, dan juga melindungi kulit dari radikal bebas. Akan tetapi pengguna tetap perlu mengkonsumsi sawi secara langsung dan bukan aplikasi topikal ke permukaan kulit.

9). Mengurangi Rambut Rontok

Rambut rontok menjadi salah satu masalah rambut yang cukup sulit untuk di atasi. Rambut yang bercabang atau terlalu kering rawan terkena gangguan ini. Kandungan dalam sawi mampu membantu menguatkan akar rambut dan mengurangi kerontokan pada rambut. Hal tersebut karena vitamin pada sawi yang kaya juga mampu menutrisi akar rambut.

10). Membantu Tidur Lebih Pulas

Selain manfaat yang sudah disebutkan sebelumnya, sawi ternyata juga mampu membantu agar tidur lebih pulas. Faktor stres dan beban kerja lainnya bisa membuat seseorang terkena insomnia. Dengan nutrisi pada sawi, seseorang mampu tidur dengan lebih pulas dan bangun dengan kondisi badan yang lebih segar.

Kandungan pada Sawi

Dibalik beragam manfaat sawi, sayuran yang satu ini memiliki beberapa kandungan di dalamnya. Apa saja kandungan sawi? Berikut daftarnya.

  1. Zat Besi

Seperti halnya dengan sayur hijau lainnya, sawi terutama sawi hijau memiliki kandungan zat besi yang kaya. Zat besi membantu pembentukan sel darah merah dan menguatkan rambut.

  1. Vitamin K

Kandungan tertinggi pada sayur sawi adalah vitamin K. Vitamin K membantu proses pembekuan darah pada pendarahan. Vitamin K sangat berguna bagi penderita gagal pembekuan darah.

  1. Kalsium

Sawi mengandung kalsium yang berguna untuk memperkuat tulang. Kandungan kalsium pada sawi cukup tinggi sehingga baik untuk mencegah osteoporosis.

  1. Vitamin C

Selain vitamin K, sawi juga kaya akan vitamin C. Vitamin C mampu membantu regenerasi kulit, melindungi tubuh dari radikal bebas, dan menguatkan daya tahan tubuh.

  1. Serat

Sawi mengandung cukup banyak serat yang mampu membantu proses pencernaan. Makanan akan dicerna lebih efektif oleh lambung sehingga mampu melancarkan buang air besar.

  1. Oksalat

Hampir semua sayuran hijau mengandung oksalat. Adapun oksalat mampu menghambat penyerapan kalsium dan berbahaya bagi penderita gangguan ginjal.

  1. Glukosinolate

Kandungan yang cukup jarang ditemukan pada jenis sayur selain sawi ialah glukisonate. Glukosinate merupakan senyawa kimia yang mampu mencegah pertumbuhan sel kanker.

  1. Kolin

Salah satu kandungan sawi lainnya ialah kolin. Kolin merupakan senyawa yang bertanggung jawab untuk menenangkan syaraf pada otak sehingga mampu menurunkan stres dan membuat tidur lebih pulas.

  1. Vitamin A

Selain Manfaat Buah Kersen ternyata Sawi juga kaya akan vitamin A. Kandungan vitamin A mampu  memenuhi lebih dari 250 persen kebutuhan harian vitamin A bagi tubuh manusia.

  1. Magnesium

Magnesium bersama dengan zat besi merupakan kandungan sawi yang sangat bermanfaat pada proses pembekuan darah dan produksi sel darah merah.

Sawi memang memiliki beragam manfaat, namun sayur ini masih tetap bisa menimbulkan efek samping.

Efek Samping Sawi

Tidak semua kandungan pada sawi bermanfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut beberapa efek samping sawi.

  1. Pembengkakan Kelenjar Tiroid

Ada kandungan goitrogens pada sawi yang justru memicu pembengkakan kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid yang membengkak tidak boleh pecah dan harus segera dioperasi.

  1. Menghambat Penyerapan Kalsium

Seperti disebutkan sebelumnya, sawi mengandung oksalat yang mampu menghambat penyerapan kalsium. Pada pasien dengan gangguan ginjal, pasien tersebut akan mengalami defisiensi kalsium. Defisiensi kalsium bisa berimbas dengan pengeroposan tulang dan osteoporosis.

  1. Menyuplai Vitamin dengan Tidak Seimbang

Kandungan vitamin-vitamin pada sawi ada yang melebihi nilai harian yang direkomendasikan. Vitamin yang berlebihan tidak bagus untuk kesehatan karena membuat nutrisi pada tubuh tidak seimbang. Selain itu kadar vitamin C yang berlebih pada tubuh dapat menyebabkan iritasi lambung.

Kesimpulan

Sawi pada dasarnya memiliki kandungan nutrisi yang bermanfaat untuk tubuh manusia. Namun tentunya konsumsi yang berlebihan juga tidak baik untuk kesehatan. Manusia sebaiknya mengkonsumsi sawi dengan secukupnya saja.

Itulah manfaat, kandungan, dan efek samping sawi. Semoga bermanfaat.

10 Manfaat Utama Sayur Sawi Untuk Kesehatan | 1001manfaat | 4.5